Meminimalisir Angka Kecelakaan di Hari Libur Panjang

oleh

Polres dan Dishub Razia Jelang Idul Adha

CIANJUR, waktunews.com – Menghadapi Hari Raya Idul Adha tahun 2017, Polres Cianjur bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur, laksanakan razia kelaikan kendaraan bermotor, Minggu (27/8/2017). Giat yang dilaksanakan selama dua hari tersebut dilakukan untuk meminimalisir angka kecelakaan pada libur panjang Idul Adha.

Kanit Tur Jawali Polres Cianjur, Ipda Yudistira mengatakan, razia telah berlangsung selama dua hari, sejak Sabtu (26/8/2017) kemarin. Untuk lokasi masih tetap sama, di simpang empat Tugu Pramuka, jalan Raya Bandung, Rawabango, Kecamatan Karangtengah, karena luasnya tempat parkir guna pengecekan kendaraan.

“Guna meminimalisir angka kecelakaan, pada libur panjang Idul Adha tahun ini, giat akan terus dilaksanakan. Targetnya kendaraan yang tidak laik jalan,” kata Yudistira saat ditemui usai razia, Minggu (27/8/2017).

Menurut Yudistira, angkutan Bus antar kota antar provinsi (AKAP) menjadi target utama operasi. Dihari pertama operasi, terdapat satu bus, yang masa berlaku KIRnya telah habis. Sehingga, dilakukan tindakan penilangan dan dikembalikan ke poolnya.

“Bus itu, rencananya akan menuju puncak, namun diputarbalikkan kembali, karena masa uji KIRnya habis,” sebut Yudistira.

Yudistira mengungkapkan, pada pelaksanan giat, banyak kendaraan selain bus, yang kedapatan melakukan pelanggaran. Sehingga, perlu dilakukan tindakan. Salah satunya, mobil angkutan barang yang digunakan untuk mengangkut penumpang.

“Hari pertama, terdapat lima kendaraan angkutan barang yang ditilang, lantaran mengangkut penumpang. Hari ini, dua kendaraan yang ditilang. Selain itu, supir juga diberi arahan, agar tidak menyalahgunakan peruntukkan kendaraan, karena jika terjadi hal yang tidak diinginkan dapat merenggut korban jiwa,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Seksi Pengendalian Operasional, Dishub Kabupaten Cianjur, Yogi Wildan Nugraha, mengatakan, operasi rutin menjelang idul Adha akan terus dilasanakan hingga hari Kamis (31/8/2017). Seluruh bus AKAP yang terjaring akan dilarang beroperasi hingga laik jalan.

“Rata-rata bus yang terjaring, masa uji KIRnya telah habis, hari ini juga terdapat satu bus yang diputarbalikkan,” kata Yogi. Syamsuri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco