PKBM Harus Berikan Pendidikan yang Ideal

oleh

CIANJUR, waktunews.com –  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur menggalakan sosialisasi kriteria standar penyelenggaraan pendidikan paket A, B, dan C. Hal itu untuk meningkatkan kualitas alumni pendidikan masyarakat dan kesetaraan untuk tahun 2017.

Sosialisasi tersebut dilakukan melalui Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, Non Pormal, Inpormal dan Kebudayaan (Paudnika) Disdikbud. Hal itu sesuai dengan acuan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 tahun 2008, dan sesuai dengan Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP).

Kepala Bidang Paudnika Disdikbud Kabupaten Cianjur, Muhammad Rochman, mengatakan ada program strategis untuk dilakukan di tahun 2017. Baik dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini, maupun dalam biadang kegiatan pendidikan masyarakat dan kesetareaan. Utamanya dalam Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

 “Dalam ujian nasional tahun ini ada 50 PKBM yang direncanakan akan melaksanakan ujian nasional berbasis pensil dan kertas (UNKP, red). Saya harapkan bisa menjaga mutu dan kulitas lulusan, jangan sampai ketika sudah melaksanakan ujian ini lulusan tidak produktif. Melainkan harus bisa menujukan keugulan dan keahlian dari pada lulusan PKBM,” kata dia.

Rohman menegaskan, penyelenggaraan pendidikan masyarakat dan kesetaraan harus benar-benar memberikan pendidikan yang ideal. Dia mengimbau kepada Forum PKBM agar dalam penyelenggaraan pendidikan tidak asal-asalan.

“Jangan dalam pendidikan kesetaraan tidak menempuh pendidikan berdasarkan ketentuan kurikulum, menempuh waktu yang ditentukan, atau pun tidak menempuh asas legal formal. ini karena selama ini pendidikan kesetaraan di pandang sebelah mata, maka dipendang perlu adanya peningkatan kualitas pendidikan,” tegas dia.

Rohman menambahkan, sudah menjadi tantangan baginya dalam meningkatkan mutu dan kualitas pembelaaran. Itu agar peroduk atau lulusan dari PKBM bisa bersaing sejajar dengan pendidikan formal lainnya.

“Ya tidak menutup kemungkinaan jika hari ini pendidikan formal sudah bisa menyelenggarakan ujian itu berbasis komputer, tahun depan kami mampu melaksanakannya. Tetapi harus ada kemauan dari semua pihak terutama pengurus dan penyelenggara, teman-teman di PKBM bisa menujukan peningkatan kualitas penyelenggaraan. Ini yang sedang kami usahakan ke depan,” tandasnya. Ismat Nasrulloh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco