Sebanyak 1.212 Calon Kepala SD Mengikuti Seleksi, Tes Membaca Al-Quran Sangat Menentukan

oleh

CIANJUR, waktunews.com – Sebanyak 1.212 calon kepala SD yang lolos seleksi tahap ketiga mengikuti seleksi membaca Al-Quran, di Komplek Rumah Bupati, kemarin (30/8). Tes tersebut sangat menentukan kelulusan para calon kepala sekolah.

“Tes ini sebagai salah satu indikator kelulusan, sebab pemahaman agama sangat penting untuk menunjang kepemimpinan kepala sekolah,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cianiur, H Tohari Sastra.

Dia mengatakan, bagi calon kepala sekolah yang non muslim dituntut memahami agamanya sendiri. Dari sekian banyak calon kepala SD, ada satu calon kepala sekolah yang non muslim.

“Untuk non muslim dituntut memahami agamanya sendiri, dan tentu dalam pemberlakuan tes wawancara pun ditambahkan pemahaman kepemimpinan perspektif yang bersangkutan,” kata dia.

Disinggung tentang tempat pelaksanaan tes, Tohari menyebutkan setiap hari dilakukan per wilayah.

“Dalam satu hari kita laksanakan empat kecamatan yang dari setiap wilayah,” ungkapnya.

Dia pun mengatakan, dari jumlah 1.212 kepala sekolah yang telah lolos diseleksi tahap tiga dan melakukan tes baca All-Quran akan terus dikurangi. Sebab, bupati ingin yang nantinya bertugas sebagai kepala sekolah benar-benar berkualitas.

“Dari jumlah 1.212 masih akan teus dikurangi, sebab tes Al-Quran sangat menentukan. Dari jumlah tersebut memang kuota kepala sekolah masih kurang,” ungkapnya.

Dia menambahkan, jumlah kebutuhan kepala SD di Kabupaten Cianjur sebanyak 1.226 orang. Namun hanya ada 1.212 kepala sekolah yang berpeluang lolos.

“Untuk kekurangan tersebut kemungkinan akan diberlakukan seleksi tahap kedua. Namun kekurangan tersebutuntuk sementara akan ditugaskan kepada guru sebagai pelaksana tugas harian kepala sekolah,” tandasnya. Ismat Nasrulloh /Asep Hendrayana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco