Pelanggan Perumdam Dihimbau Siapkan Bak Penampungan

oleh

Kemarau, Sumber Mata Air Menyusut

CIANJUR, waktunews.com – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti Cianjur mengantisipasi berkurangnya pasokan air saat musim kemarau. Para pelanggan diimbau untuk menyiapkan bak penampungan atau tanki air.

Direktur Utama Perumdam Tirta Mukti Cianjur, Budi Karyawan, menuturkan setiap memasuki musim kemarau pemakaian air bersih di tingkat pelanggan akan mengalami peningkatan. Kondisi itu karena berkurangnya debit air di sejumlah sumber air yang dimiliki warga.

Namun Budi menjamin, pelanggan di wilayah perkotaan tidak akan terpengaruh dengan menurunnya debit air sungai dan sumur bor. Hal itu karena pihaknya memiliki sejumlah mata air dan sumur yang dipastikan tidak terpengaruh dengan kemarau.

“Kami miliki dua sumber mata air di Cugenang dan Karangtengah. Mungkin untuk pelanggan yang berada di wilayah Cianjur bagian timur, seperti Kecamatan Haurwangi, Ciranjang, dan Bojongpicung yang akan terdampak kemarau, karena untuk pasokan di wilayah tersebut mengandalkan sumber air dari air permukaan,” jelasnya.

Pihaknya mengandalkan air dari Sungai Citarum dan Cisokan yang mulai menurun drastis, sebagai sumber air untuk ribuan pelanggan di tiga kecamatan tersebut. Sedangkan untuk 150 ribu pelanggan di wilayah kota, tambah dia, mengunakan sumber mata air Cirumput dan air dalam.

“Tapi kami tetap imbau semua perlanggan agar tidak mengalami kesulitan air selama kemarau karena hanya mengandalkan air dari PDAM, harus memiliki tanki air,” katanya.

Terkait kesulitan air di sejumalah wilayah, tutur Budi, pihaknya menyediakan empat unit mobil tangki air untuk diberikan cuma-cuma. Hal itu sebagai kepedulian Perumdam terhadap warga non-pelanggan setiap harinya.

“Kami akan segera menanggapi setiap permintaan dari warga yang kesulitan air di berbagai wilayah. Sejak beberapa bulan terkahir, kami telah menyalurkan air untuk warga di tiga kecamatan,” katanya.

Untuk warga yang membutuhkan air bersih karena kekeringan, pihaknya meminta warga untuk segera mengajukan permohonan dan akan segera ditanggapi dengan mengirim truk tangki air. Syamsuri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco