Polsek Pacet Kunjungi Sekolah Melalui Giat Waspada Kusuma

oleh

Antisipasi Paham Radikal Sejak Dini

CIPANAS, waktunews.com – Kepolisian Sektor (Polsek) Polsek Pacet mendatangi sejumlah sekolah untuk memberikan pemahaman tentang larangan ujaran kebencian dan perekrutan teroris yang menyasar kalangan muda. Hal itu sebagai upaya mewaspadai paham radikalisme dan ujaran kebencian sejak dini.

Kapolsek Pacet, Kompol Rusdi Hayati, mengatakan para pelajar kebanyakan masih minim pengetahuan tentang kedua hal tersebut. Bersama jajarannya, dia berkunjung ke SMA/SMK di Cipanas dan Pacet dan menjadi pengajar sementara dengan memberikan materi.

“Hal itu lebih kepada meningkatkan kewaspadaan radikalisme kami sebut giat Waspada Kusuma tujuannya untuk antisipasi radikalisme. Masih banyak pelajar yang mudah terpengaruh dan masih dalam masa coba-coba,” ujarnya.

Menurutnya, wajar jika pelajar pola pikirnya gampang diajak ke sana dan ke mari, karena intelektual masih berubah-ubah. Hal itu karena dalam tahapan mencari jati diri..

“Kami menyampaikan dari awal agar mindset pelajar terbentuk tentang bahaya ajakan teroris ISIS, ujaran kebencian, hasutan. Kami tegaskan kembali pentingnya keberadaan Pancasila. Kami tak hanya kepada para pelajar tapi juga sosialisasi kepada warga dan komunitas masyarakat,” katanya.

Sementara itu,Wakasek Kesiswaan SMKN 1 Cipanas, Dindin Tohir, mengatakan pihaknya sudah berkerjasama dengan Polsek Pacet dan Brimob Cipanas. Hal ini dilakukan untuk pembinaan mental dan karakter siswa. Namun selain pembinaan siswa juga diberikan kegiatan ekstrakurikuler Paskibra, kegiatan keagamaan Rohis, Pramuka, hingga PMR. Menurutnya hal itu untuk menjauhkan siswa dari kegiatan tak berguna dan hal negatif lainnya.

“Pembinaan juga dilakukan dalam hal keselamatan pelajar dalam berkendara, beberapa hari ke depan akan dilakukan razia helm dan surat-surat kendaraan bermotor yang dipakai siswa ke sekolah,” katanya.

Ia mengatakan saat ini jumlah siswa SMKN 1 sebanyak 1.640 siswa. Menurutnya untuk mengawasi siswa ribuan sepulang sekolah ia bekerjasama dengan kepolisian agar siswa tertib dan terhindar dari kecelakaan di jalan.

“Selain terhindar dari kegiatan negatif, kami bersyukur setelah berdialog dengan Polsek Pacet tak ada siswa yang terindikasi pemakai narkotika dan obat-obatan terlarang,” tandasnya. Syamsuri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco