Jaga Kelestariannya, Pemerintah Programkan Restocking, Populasi Ikan Sungai Menyusut

oleh

CIANJUR – Dinas Kelautan Peternakan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Cianjur berusaha untuk menjaga populasi ikan di sungai melalui program Restocking. Hal itu mengingat kondisi populasi ikan di sejumlah sungai di Kabupaten Cianjur yang kian menyusut.

Kepala Seksi Perikanan Tangkap DKPP Kabupaten Cianjur, Ade Durrahman, menjelaskan ada beberapa hal yang menyebabkan menyusutnya populasi ikan di sungai. Misalnya dampak kerusakan lingkungan hidup dan cara penangkapan ikan yang menyalahi aturan.

“Misalnya dengan memakai racun, dinamit, strum. Lalu pembuangan limbah ke sungai apalagi bahan kimia. Hal itu mengurangi populasi ikan di sungai,” paparnya, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, kondisi sungai zaman dulu terdapat banyak ikan. Maka dari itu, pemerintah berupaya untuk menstabilkan kembali populasi ikan di sungai dengan cara Restocking atau penanaman benih.

“Hampir semua sungai seperti tersier, skunder, dan primer dulu banyak ikannya. Kalau sekarang berkurang, makanya dinas memrogramkan Restocking untuk menstabilkan ikan demi kesejahtetaan,” tambahnya.

Ade menyebutkan, pemerintah terus melaksanakan program itu setiap tahun. Baru-baru ini misalnya, dilakukan di Rawa Gede Kecamatan Tanggeung. Dia menuturkan, program tersebut bukan hanya dilakukan di sungai tapi juga di perairan yang stabil.

“Program provinsi juga ada terus setiap tahun. Di Tanggeng sudah dilakukan Restocking 100 ribu ekor ikan nila pada bulan April . Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan ikan masyarakat. Biasanya saat sudah gede dipanen,” tambahnya.

Dia menuturkan, bagi warga yang ingin sungai di wilayahnya dilakukan Restocking bisa mengusulkan ke DKPP. Nantinya proposal warga akan disampaikan ke pemerintah provinsi untuk ditindaklanjuti.

“Ini program provinsi, DKPP Kabupaten Cianjur hanyamengusulkan saja. Warga bisa mengajukan dengan membuat proposal yang diajukan ke saya, lalu direkomendasi kepala dinas, dan diberikan ke provinsi,” tandasnya. M Reza Fauzie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco