Lotek Saladnya Orang Cianjur

oleh

CIANJUR, waktunews.com – Jika anda vegetarian, pastinya makanan ini cocok menjadi menu makan siang. Adalah gado-gado atau istilah sunda disebut lotek, kalo orang Barat meyebutnya Salad. Makanan yang satu ini sudah dikenal juga di mancanegara namun bumbu dan komposisi bahannya berbeda. Lotek merupakan satu jenis makanan tradisional yang kini mulai kembali memiliki penggemar setelah beberapa tahun lalu agak tenggelam karena kalah penyajian oleh makanan internasional dan sejenisnya.

Makanan ini memiliki komposisi aneka jenis sayuran yang dicampur dengan bumbu kacang yang direkuh langsung sehingga penyajiannya terasa segar. Lotek alias gado-gado atau Salad bumbu kacang kini kembali banyak penggemarnya, pedagangnya mulai bermunculan kembali, dari ujung gang hingga di ruko bahkan mall sekarang sudah ada.

Makanan tradisional kembaran lotek adalah karedok, bedanya lotek merupakan campuran sayuran segar yang direbus dan dicampur dengan bumbu kacang (seperti bumbu pecel), sedangkan karedok adalah campuran sayuran segar mentah dan tidak direbus dengan rasa khas kemangi dan terong sebagai bahan penyedapnya.

Di Cianjur sendiri kini mulai banyak tempat penjual lotek yang mulai kembali berjualan setelah hampir beberapa tahun agak kesulitan mencari pedagang lotek. Salahsatu pedagang lotek yang bertahan adalah Ceu Piah yang berlokasi di Salakopi, namun akhir-akhir ini warungnya selalu tutup. Salah satu andalan baru menu makan siang salad bumbu kacang saat ini adalah Lotek Teh Yani yang berlokasi di Jl.Ir.H Juanda Salakopi dan satu lagi lotek Lembaga atau depan Gedung Rumah Tahanan. Harga seporsi lotek atau kredok dari Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000, juga bisa dinikmati dengan lontong atau nasi. DJ/ Net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco