Kampung Budaya Salah Satu Upaya Dongkrak Wisata

oleh

CIANJUR, waktunews.com – Kabupaten Cianjur begitu kaya dengan aneka ragam seni dan budaya. Ironisnya, potensi tersebut terbengkalai sehingga mendorong para seniman sunda untuk membuat Kampung Budaya.

Seniman Budaya Sunda Djaenal Ridwan (Kang Poroy) menjelaskan, demi melestarikan nilai tinggi seni dan budaya Sunda, sudah seharusnya Pemkab Cianjur bisa merealisasikan Kampung Budaya. Banyak diantara WNA asal Eropa, Amerika, hingga Jepang mengaku sengaja ke Cianjur ini karena ingin mengetahui seni sunda khas Cianjur.

“Jika seni dan budaya sunda di Cianjur dibiarkan bisa jadi semua terlupakan. Sangat sayang, jika itu dibiarkan dan melalui Kampung Budaya itu merupakan solusinya,” terangnya.

Bagi pria yang sangat cinta dengan kekayaan seni dan budaya Sunda ini, mengaku sebenarnya Cianjur itu sudah terkenal dengan berbagai budayanya. Para turis mancanegara banyak yang mengenal lewat internet, sehingga jika Kampung Budaya itu direalisasikan seni dan budaya akan lestari dan Cianjur nanti layaknya perkampungan Ubud Bali.

“Dalam Kampung Budaya itu terdapat unak-unik kendaga sunda, meliputi Kampung Karuhun, kuliner sunda, hingga berbagai permainan sunda. Namun semua dilakukan dan dijaga dengan sangat baik, jangan sampai hanya demi seremonial atau hanya memikirkan materi saja,” ujarnya.

Menurutnya, berbagai hal yang ada di Kampung Budaya itu bergaya arsitektur sunda, dan didalamnya itu dengan memberdayakan para pengrajin sunda.

“Nanti disana turis bisa dikenalkan dengan berbagai upacara sunda, pengenalan huruf sunda, dan lain sebagainya. Kampung Budaya itu, merupakan wisata edukasi bagi wisatawan lokal atau mancanegara,” tuturnya.

Kampung Budaya itu, membutuhkan lahan minimal 2.000 meter. Nantinya, dengan Kampung Budaya juga bisa lebih memperkenalkan Cianjur ke wisatawan. Tentunya Kampung Budaya ini, posisinya harus ditempat strategis dan masih alami, sehingga mudah dijangkau wisatawan.

“Kami sudah memiliki semua konsepnya. Nanti disana juga akan adanya gaya hidup masyarakat kesundaan. Turis nanti diajak bermain di lembur sunda, dan pastinya mereka akan sangat senang berwisata di Cianjur,” tuturnya.

Bahkan di Kampung Budaya itu, akan dibangunan rumah yang ramah lingkungan. Disana terdapat berbagai rumah khas Sunda.

“Ada juga Jembatan rawayan disana nantinya,” imbuhnya. DJ/Net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco