SMA Islamic Al-Irsyad Boarding School Cipanas, Kemas LDKS dengan Unik dan Menarik

oleh

waktunews.com – Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa merupakan agenda rutin yang dilaksanakan pengurus Organisasi Intra Sekolah (OSIS) menjelang akhir masa jabatan. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa meneruskan tampuk kepengurusan OSIS yang baru agar siap mengemban tugas dalam mengurus organisasi di sekolah. LDKS umumnya dilaksanakan di lingkungan sekolah, namun tidak dengan pengurus OSIS SMA Islamic Al-Irsyad Boarding School Cipanas. Mereka menggelar kegiatan LDKS dengan konsep Fun Camp di luar sekolah.

POSE IABS : Peserta didik dan seluruh dewan guru SMA Islamic Al-Irsyad Boarding School berpose setelah selesai kegiatan LDKS

Laporan: M Reza Fauzie

Jumat (8/9) sore, para siswa SMA Islamic Al-Irsyad Boarding School (IABS) terlihat sibuk mendirikan tenda di lokasi perkemahan kegiatan LDKS. Panas terik yang menyengat sore itu tak menjadi halangan bagi mereka. Satu per satu tenda mulai berdiri sebagai tempat mereka bernaung selama tiga hari.

Berlokasi di Kampung Sindangsari, Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kegiatan LDKS SMA IABS dilaksanakan pada tanggal 8 sampai 10 September 2017 yang diikuti oleh 32 peserta dari kelas X dan XI.

Selain ajang menempa karakter kepemimpinan  kader-kader pengurus OSIS, Kampung Sindangsari dipilih sebagai lokasi perkemahan agar dapat memperkenalkan SMA IABS kepada masyarakat sekitar. Hal ini disampaikan oleh Pembina OSIS SMA Islamic Al-Irsyad Boarding School Cipanas, Fikri Ario Rosmana.

“Kita ingin memberikan pengalaman yang berbeda bagi calon-calon pengurus OSIS, karena itu acara kita kemas dengan konsep fun camp dan dilaksanakan di luar lingkungan sekolah. Selain itu, ini juga merupakan ajang promosi sekolah di wilayah utara agar masyarakat di Kampung Sindagsari mengenal sekolah kita dengan program yang berbeda dari sekolah lainnya,” ujarnya saat ditemui di sela kesibukannya.

Hijau alam yang asri menjadi pemandangan berbeda bagi para siswa. Bila keseharian mereka dihadapkan pada ruang kelas saja, namun di sana mereka memiliki pengalaman berbeda saat diberikan kepelatihan kepemimpinan di alam terbuka. Hal ini membuat peserta lebih bersemangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan yang diarahkan oleh panitia. Kegiatan yang diberikan berupa pemberian materi mengenai wawasan wiyata mandala, kepemimpinan, public speaking, kesekretariatan, dan wawasan kebangsaan.

“Untuk pemberian materi kita bagi waktunya di hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Waktunya pada jam 8 malam dan juga jam 10 pagi. Selain itu kita juga memberikan kegiatan outbond untuk melatih kerjasama dan mempererat keakraban antara adik kelas dan kakak kelas,” ujar Winda Suherti selaku koordinator kegiatan LDKS SMA IABS.

Winda mengatakan dalam kegiatan outbond tersebut siswa juga diharapkan mampu untuk bertadabbur alam mensyukuri ciptaan Yang Maha Kuasa. “Lokasi yang mendukung ini kita pakai juga untuk mengajarkan peserta untuk dapat mensyukuri segala keindahan ciptaan-Nya. Kita tentunya tidak lepas mengajarkan pentingnya pendidikan agama. Karena itu dalam agenda kita dimasukkan kegiatan tadarusan dan sholat berjamaah,” ujarnya.

  Ditemui terpisah, Kepala SMA Islamic Al-Irsyad Boarding School, Asep Gunawan, S.PdI mengatakan Latihan Dasar Kepemimpinan yang dilaksanakan bagi siswa merupakan salah satu jalur pembinaan generasi muda yang difokuskan pada kompetensi individu. Hal itu dilakukan supaya menjadi pemuda harapan bangsa, negara, dan agama.

“Tentunya dengan diselenggarakannya acara latihan dasar kepemimpinan siswa ini juga diharapkan semua siswa mampu menjadi pribadi yang berkualitas baik dalam tingkatan kepemimpinan, kedisiplinan, maupun program kerja yang akan diaplikasikan ke dalam bentuk kegiatan siswa. Tentunya lewat kegiatan tersebut diharapkan pula akan memunculkan kader-kader organisasi yang memiliki mental kepemimpinan yang berkualitas tanpa mengesampingkan nilai-nilai keagamaan.” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco