Objek Wisata di Kabupaten Cianjur Sangat Potensial Menghasilkan PAD

oleh

CIANJUR, waktunews.com – Cianjur memiliki obyek wisata yang beragam dan sangat potensial untuk dikembangkan. Mulai wisata alam, pantai hingga wisata Ziarah di Cianjur serba ada dan berpontensi dikembangkan untuk menunjang penghasilan asli daerah (PAD). Namun harus dikelola dan dikembangkan secara bak dan professional.

“Kalau selama ini dinilai dinas terkait dalam pengembangan wisata tidak berhasil, jelas hal tersebut harus ada evaluasi. Karena menurut hemat saya, potensi pariwisata di Cianjur sangatlah besar, apalagi mengingat di tingkat Jawa Barat wilayah pariwisata terbesar yakni berada di Kabupaten Cianjur,” ujar Abah Ruskawan Budayawan Cianjur yang juga Akademisi ini.

Dijelaskannya, namun menilai berhasil atau tidaknya dinas terkait pariwisata tersebut harus jelas indikatornya. Misal dilihat dari perencanaannya, yakni Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA) yang ada di dinas pariwisata, sudah ada atau belum.

Jika memang sudah ada, apakah RIPPDA tersebut sesuai dengan kajian atau tidak, untuk jadi destinasi pariwisata yang jelas.

“Jika memang RIPPDA sudah ada dan sesuai kajian, tentunya sumber daya manusia (SDM) yang berada di dalamnya pun harus bisa menjalankan dengan baik sesuai tupoksinya. Dengan begitu baru akan menghasilkan hasil yang baik,” ujarnya.

Diakuinya, Cianjur merupakan daerah yang melimpah tempat-tempat pariwisata, baik itu wisata sejarah, seni serta tempat wisata lainnya.

Dengan begitu menurut Abah, seharusnya Dinas Pariwisata bisa mengembangkan tempat wisata dengan baik.

“Banyaknya tempat pariwisata di Cianjur, seharusnya dinas terkait tersebut jangan memble seperti yang dinilai pihak sebelumnya, namun penilaian tersebut harus dilihat dari mana pihak tersebut menilai, atau pengukuran penilaiannya seperti apa. Namun hal tersebut dinilai wajar karena potensi wisata di cianjur sangatlah kaya di bandingkan daerah lainnya yang ada di Jawa Barat. Dan hal tersebut harus dijadikan pemicu bagi dinas terkait untuk lebih bisa mengembangkan lagi tempat-tempat wisata yang ada di Cianjur,” jelasnya. DJ/Net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco