Dinilai Kurang Layak Keberadaan Fasilitas Mandi Cuci Kakus, SD Rindukan Pembenahan MCK

oleh

waktunews.com – Keberadaan fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK) merupakan indikator kesehatan di lingkungan manapun, tak terkecuali di sekolah. Saat ini keadaan MCK di rata-rata Sekolah Dasar Negeri (SDN) dianggap kurang layak, sehingga para siswa serta guru yang ada pun begitu mendambakan adanya pembenahan.

LAPORAN : EKY RIZKY

Bau disertai lendir-lendir yang menempel di dinding MCK di SDN Rawasirna bukan disengaja kondisinya seperti itu, akan tetapi karena keterbatasan biaya membuat para guru sebagai pengelola lingkungan sekolah merasa kewalahan.

Bangunan tersebut kini menjadi menjadi ruangan yang tidak berguna, karena tidak ada yang mau pergi kesana. Jangankan buang air besar, para siswa serta guru yang berada di lingkungan itu pun enggan mendatanginya dan memilih untuk melakukan kegiatan MCK di rumah masing-masing.

Kepala SDN Rawasirna, A Kosasih, menyebutkan, jika pihaknya sangat merindukan adanya perhatian dari pemerintah mengenai hal tersebut, sehingga fungsi MCK bisa optimal dilakukan pada umumnya di sekolah.

“Jangan salah, MCK juga merupakan salah satu faktor pendukung untuk memberikan pendidikan kepada peserta didik. Sebab di sana kita mengajarkan kebersihan,” paparnya.

Pihaknya juga sudah berusaha dalam mengoptimalkan MCK tersebut melalui kekauatan anggaran yang ada, namun hasilnya tidak sempurna dan terkesan masih banyak biaya yang kurang untuk membenahinya.

“Perlu ada anggaran atau bantuan khusus menyoroti permasalahan ini,” ucap Kosasih.

Terkadang menurutnya, meskipun sudah dibersihkan tapi bau yang ditimbulkan dari MCK tersebut mengganggu kegiatan belajar mengajar (KBM).

“Perlu sekali ada perombakan total, sehingga selain MCK bisa berjalan sebagaimana mestinya juga tidak mengganggu siswa,” ujarnya.

Kata Kosasih, hal ini tidak hanya terjadi di sekolahnya saja, melainkan hampir rata-rata di setiap sekolah, dipastikan MCKnya tidak berfungsi optimal. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco