RK Minta Kuncen Gunung Padang Bawakan Lagu Raisa

oleh
POSE :  Walikota Bandung, Ridwan Kamil tengah berpose dengan para pengurus Gunung Padang Cianjur.

CIANJUR, waktunews.com – Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil (RK) bertandang ke Cianjur untuk menemui para simpatisan dan kader Partai Nasdem di Gedung Assakinah, Jalan KH Abdullah Bin Nuh Sabtu (23/9). Usai mengisi kegiatan tersebut, RK tak langsung bertolak ke Kota Bandung melainkan mengunjungi situs megalitikum Gunung Padang.

Sekitar pukul 15.00 WIB, Kang Emil sapaan akrab Wali Kota Bandung ini, menginjakan kakinya di situs megalith Gunung Padang. Di sana ia tampak berdecak kagum melihat situs yang konon peninggalan peradaban nenek moyang suku sunda. RK yang kala itu mengenakan busana santai, ala pikniknya tersebut dibawa berkeliling di situs bersejarah warisan leluhur oleh para kuncen.

Terlihat keringat juga membasahi keningnya, sesaat sebelum dirinya sampai ke lokasi situs yang berada puluhan meter ke atas bukit. Satu persatu anak tangga yang terbuat dari bebatuan besar, ia pijak sembari sesekali melontarkan kalimat candaan. Tanpa terasa akhirnya sang Wali Kota Bandung itu pun sampai di puncak bukit situs.

Sesaat rehat sejenak usai menyusuri anak tangga, RK digiring para kuncen untuk menyaksikan seluruh relief bebatuan yang ada pada situs tersebut. Setelah berkeliling dan melihat banyak situs, perhatian RK tertarik pada satu titik yang disebut batu musik. Batu musik tersebut dijelaskan kuncen Gunung Padang, mempunyai lima tangga nada yaitu da mi na ti la da jika diketuk.

Pada saat sang kuncen tengah memainkan musik dari batu musik, seketika spontan terucap dari bibir sang wali kota jika dirinya ingin kuncen memainkan lirik musik dari salah satu penyanyi favoritnya yakni Raisa dengan judul mantan terindah. Sontak pernyataan tersebut mengundang gelak tawa dari rombongan RK, serta para wisatawan lainnya.

“Saya melihat situs purbakala ini mampu menggambarkan betapa majunya intelegensial nenek moyang kita dahulu kala. Mereka dengan teknologi bebatuan seperti ini, mampu mengekspresikan komunikasi dan spiritual,” ungkap RK, disela-sela kunjungannya tersebut.

Kemudian, kata RK, situs Megalitikum Gunung Padang harus diseriuskan pembangunan penunjang seperti infratrukturnya. Pasalnya menurut RK, situs yang dikunjunginya selain warisan leluhur juga merupakan potensi pariwisata yang akan menggerakan ekonomi warga masyarakat di sekitarnya.

“Dahulu situs Borobudur itu tertutup tanah dan pasir. Namun setelah diungkap sekarang disemuti wisatwan dan menjadi potensi ekonomi bagi warga sekitar. Maka dari itu di sini pun pembangunannya harus benar-benar diseriuskan untu upaya pendongkrakan pariwisata. Namun begitu, tapi tetap pembangunan tidak boleh sampai merusak situs geologisnya,” tambahnya.

Sambung RK, jika dilihat menurut kacamatanya, Gunung Padang tidak terlalu sulit untuk mendunia. Aksesnya menurut RK, selain bisa ditempuh menggunakan kendaraan umum seperti mobil dan sepeda motor, juga bisa dilewati menggunakan kereta. Eky Rizky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco