Pantai Jayanti Akan Punya Breakwater, Pemecah Ombak di Jayanti Dalam Proses Pembangunan

oleh

Dalam waktu yang tidak lama lagi Pantai Jayanti akan memiliki pemecah ombak atau breakwater yang sangat diperlukan para nelayan. Karena pantai Jayanti terkenal dengan ombaknya yang sangat besar

CIANJUR, waktunews.com – Pembuatan Pemecah ombak atau breakwater di Pantai Jayanti, Kecamatan Cidaun, sudah mulai memasuki tahap pembangunan awal. Sekretaris, Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Cianjur, H. Tata mengatakan Pembangunan tersebut sudah dimulai sejak minggu lalu dan akan selesai di bulan Desember nanti.

“Peletakan batu pertamanya kan hari Rabu kemarin dan jatuh temponya 85 hari, berarti pembangunan ini akan selesai di bulan Desember,” kata dia.

Dia mengungkapkan bahwa pebangunan pemecah ombak tersebut adalah program dari pemerintah pusat, dengan menggunakan anggaran sebesar Rp. 18 miliar.

 “Ini progam pusat, perencanaan, proses lelang, pengawasan, hingga kemarin serah terima pekerjaan pun dilakukan oleh pusat, kalau kita hanya sebagai fasilitator,” ucapnya.

Dengan panjang 167 Meter dari daerah pesisir pantai, nantinya pemecah ombak tersebut akan menahan arus gelombang yang membawa partikel pasir ke dermaga saat musim Timur dan juga akan memudahkan perahu yang keluar masuk dermaga.

“Pada musim tertentu ombak membawa pasir yang membuat dermaga menjadi dangkal, sehingga perahu nelayan sulit menepi ataupun keluar dari dermaga. Setelah adanya breakwater atau pemecah ombak, nantinya hal tersebut tidak akan terjadi lagi,” jelasnya.

Selain memberikan efek baik untuk para nelayan, pemecah ombak ini pun akan memberikan efek positif terhadap pariwisata di Pantai Jayanti, dengan memberikan objek wisata tambahan di pantai Jayanti.

“Tentu saja memberikan dampak pada pariwisata, kalau sudah jadi nantikan wisatawan bisa berjalan ketengah untuk foto–foto. Terus pemecah ombak tersebut juga pasti akan jadi tempat memancing yang favorit,” tambah dia. Asep Hendrayana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco