Cianjur 2018 Wajib KIA

oleh

CIANJUR, waktunews.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur, mengumumkan jika 2018 nanti anak dari usia 0 bulan hingga 17 tahun wajib memiliki kartu identitas anak (KIA). Dokumen kependudukan tersebut, disampaikan Disdukcapil wajib dikantongi setiap anak yang ada di Cianjur.

Hal itu mengingat kebutuhan administrasi pada instansi seperti kesehatan ataupun bank banyak melibatkan anak-anak.

Kepala Disdukcapil, Ginanjar melalui Kepala Bidang Kependudukan Ahmad Husen menuturkan, melalui KIA tersebut, selain jumlah anak usia 17 tahun terdata keseluruhannya fungsinya yaitu mengajarkan kemandirian terhadap anak. Kata dia, dengan KIA anak-anak bisa belajar caranya mengurusi proses adiministrasi.

“Kalau punya KIA nanti mereka mempunyau banyak akses. Salah satunya mereka bisa menabung dan memiliki rekening sendiri di bank. Hal ini tentunya secara tidak langsung juga mengajarkan kemandirian terhadap anak,” tuturnya.

Pria yang akrab disapa Teten ini juga menambahkan, kalau KIA nantinya akan disertai dengan promosi untuk menarik minat anak-anak. Promo tersebut, ialah berupa potongan harga masuk ke tempat wisata, atau diskon saat berbelanja di toko buku.

“Kami sedang jalin komunikasi dengan pengelola tempat wisata serta toko buku. Sehingga pemilik KIA nanti akan banyak diuntungkan,” ujarnya.

Sampai saat ini, kata Teten, realisasi program KIA baru sampai hingga tahap sosialisasi. Adapun nanti, menurutnya, berapa banyak KIA akan dicetak pada 2018 bergantung pada anggaran APBD yang digelontorkan untuk hal tersebut.

“Kalau dicetaknya pasti gratis. Tapi apakah seluruh anak akan dibuatkan KIA atau tidak itu melihat anggaran APBD 2018 nanti,” paparnya.

Sementara itu, Doni Amirudin (47) salah satu warga Kelurahan Solokpandan, mengatakan, dirinya amat antusias dengan KIA. Pasalnya dengan hal tersebut, secara tidak langsung akan melatih buah hatinya dalam urusan kemandirian.

“Selain mengajarkan buah hati menjadi mandiri. KIA saya rasa sangat penting. Karena urusan data sebetulnya bukan hanya orang dewasa saja, melainkan anak-anak juga perlu,” tandasnya. Eky Rizky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco