Pelanggan PAB BUMDes Kertajaya Capai 557

oleh
TETAP: Pengolahan Air Bersih (PAB) sejak tahun 2016 sudah mempunyai pelanggan tetap sebanyak 557.

 

CIRANJANG, waktunews.com – Badan Usaha milik desa (BUMDes) Kertajaya Kecamatan Ciranjang memilih jenis usaha Pengolahan Air Bersih (PAB) sejak tahun 2016, dan sudah mempunyai pelanggan tetap sebanyak 557.

Pendirian BUMDes tersebut berawal dari adanya bantuan sumur bor dari provinsi tahun 2014. Pihak pengelola beserta Pemerintah Desa Kertajaya akhirnya sepakat untuk membuat usaha pengelolaan air bersih.

Kepala Desa Kertajaya, Sunandar menjelaskan, sosialisasi kepada warga soal usaha PAB memang cukup memakan waktu. Walaupun akhirnya tahun 2016 usaha BUMDes ini baru bisa terealisasi.

“Pipa-pipa mulai disalurkan ke rumah-rumah warga yang saat ini sudah mencapai 557 Pelanggan tetap,” ungkapnya

Sunandar mengatakan pihaknya akan terus mendukung dengan rencana kerja BUMDes dan yakin dengan rencana yang matang akan terus berkembang.

“Semakin baik dari kuatnya mental para pengurus dan sungguh-sungguh ingin membangun wilayahnya agar terus bisa meningkatkan kesejahtraan masyarakat Desa Kertajaya,” ucapnya.

Sedangkan Ketua BUMDes berusaha meyakinkan bahwa dengan semangat dan jiwa sosial yang tinggi para pengurus yakin BUMDes akan terus berkembang.

“Warga yang jadi pelanggan saat ini sudah mencapai 557 pelanggan tetap itu didapatkan dari 4 RW yang tidak jauh dari Tirta 1,2 dan 3,” ujarnya.

Sementara itu Sekertaris BUMDes Yus Sonapiyadi (42) menambahkan, dengan berjalannya usaha Pengelolaan Air Bersih ini, para pengurus BUMDes kini jelas mempunyai kegiatan dan rencana mengembangkan jenis usaha lain.

“Rencana untuk tahun 2018 akan mendirikan pengelolaan wilayah wisata air,” ungkapnya.

Jenis usaha lain yang masuk dalam daftar sasaran jenis usaha yang lainnya pun turut serta dipertimbangkan.  Mulai jasa parkiran ataupun budi daya perikanan.

 “Yang penting bisa menaikan Pendapatan Asli Desa (PAD) dan juga meningkatkan kesejahtraan warga masyarakat desa Kertajaya,” pungkasnya. HW 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco