Tak Ada Sarana, Warga di Luar Negeri Tak Bisa Gunakan Hak Pilih

oleh
RAKOR: Panwaslu Kabupaten Cianjur mengadakan rakor dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat pada Pilgub Jabar 2018.

CIPANAS, waktunews.com – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Cianjur mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan stakeholder dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) tahun 2018. Kegiatan berlangsung di Hotel Sangga Buana Cipanas, kemarin (30/10). Hadir dalam kegiatan itu perwakilan dari 32 kecamatan se-Kabupaten Cianjur, Kepolisian, Inspektorat Daerah, dan penyelenggara Pemilihan Gubernur.

Ketua Panwaskab Cianjur Hadi Dikri, menuturkan, tugas pengawasan sudah dimulai dirnya sudah dilantik. Fungsi rakor tersebut adalah untuk mensinergikan tim Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) agar mampu bekerjasama dengan pihak kecamatan. Hal ini dinilai penting guna mempermudah pelaksanaan Pilgub yang yang akan datang.

“Salah satunya pengawasan penyerahan berkas keanggotaan parpol (partai politik, red), untuk pengawasan pilgub belum dilakukan,” katanya.

Hadi juga menjelaskan, tugas Panwascam dan PPL pun demikian. Setelah Panwascam  terbentuk, lengkap dengan adanya posisi Kepala Sekretariat dan Bendaharanya, akan diteruskan dengan pembentukan Panitia Pengawas Lapangan (PPL).

“Setelah itu berlanjut pada tahap pengawasan penyusunan TPS dan DPT “, tuturnya

Karena ke depannya, lanjut Hadi, akan segera dimulai pembentukan PPL dan itu juga berbasis anggaran. Apabila kepala sekretariat dan bendahara tidak ada pihaknya tidak bisa mendukung langkah apapun.

Di sisi lain, dia memaparkan memaparkan untuk masyarakat Cianjur yang berada di luar negeri baik sebagai pelancong, pelajar, ataupun Tenaga Kerja Indoesia (TKI), tidak bisa menggunakan hak pilihnya. Itu karena untuk Pilgub, Pemerintah Pusat tidak menyediakan sarana bagi mereka.

“Berbeda dengan pemilihan Presiden dan Legislatif,” pungkas Hadi sesaat setelah acara Rakor selesai. HW 06

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco