17 Parpol Sudah Daftar ke KPU

0 137
Link Banner

CIPANAS, waktunews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur mengadakan Bimbingan Teknis Penelitian Administrasi dan Verifikasi Faktiual Partai Politik Peserta Pemilihan Umum 2019, di Hotel Delaga Biru, kemarin (31/10). Peserta berjumlah 51 orang yang berasal dari pengurus dan petugas penghubung (LO).

Narasumber kegiatan tersebut berasal dari anggota KPU Kabupaten Cianjur dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdulcapil). Tujuannya untuk memberikan pemahaman terhadap peraturan komisi pemilihan umum Nomor 11 tahun 2017 tentang pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Kemudian memberikan pemahaman terhadap keputusan komisi pemilihan umum Republik Indonesia nomor 174/Hk.03.1 – Kita/03/ KPU / X 2017 tentang pedoman pendaftaran, penelitian administrasi, verifikasi faktiual, dan penetapan partai politik pemilihan umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah provinsi dan anggota dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten atau kota.

Ketua KPU Kabupaten Cianjur. Anggi Sofia Wardani, menuturkan ada 17 partai politik yang sudah mendaftarkan diri ke KPU. Tanggal 17 September lalu adalah tahapan penertiban administrasi dan penelitian, yang selesai pada tanggal 15 November.

“Setelah itu akan ada perbaikan guna untuk membekali partai politik. Dalam proses perbaikannya maka dilakukanlah bimtek, mungkin akan dilakukan verifikasi itu juga di lakukan untuk bekal,” ujarnya.

Terkait kelengkapan KTA dan KTP, dia mengaku pihaknya masih melakukan penelitian. Jika memang ada KTA dan KTP yang tidak memenuhi syarat, partai politik harus segera melakukan perbaikan.

“Perbaikan tersebut harus merujuk ke jumlah yang didaftarkan, apabila jumlah yang didaftarkan 1.500 sementara jumlah yang tidak memenuhi syarat 500 maka harus memperbaiki yang 500 data tersebut,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Bidang Kepengelolaan Informasi Kependudukan Disdukcapil, Dundi S, menambahkan untuk yang belum memiliki e-KTP diharapkan segera melakukan perekaman. Baik itu di kecamatan maupun di dinas, karena pihaknya sudah melakukan jemput bola.

“Seperti datang ke acara Cianjur Ngawangun Lembur (CNL), diharapkan masyarakat sadar akan pentingnya KTP. Jadi harus segera melakukan perekaman untuk mendapatkan hak pemilihan suaranya,”  tandasnya. HW 6

Category: Hukum & PolitikTags:
resto
No Response

Leave a reply "17 Parpol Sudah Daftar ke KPU"

[+] kaskus emoticons