Sidang Ketiga Terdakwa Saracen Digelar, Satu Saksi Berhalangan Hadir

Link Banner

 

CIANJUR – Sidang ketiga perkara ujaran kebencian dengan terdakwa Sri Rahayu Ningsih digelar di Pengadilan Negeri Cianjur, kemarin (1/11). Agenda sidang tersebut yaitu pemeriksaan keterangan dari lima orang saksi,yang terdiri dari Tim Cyber Crime dan penyidik dari Mabes Polri.

Meski satu orang saksi berhalangan hadir,namun keempat orang saksi dalam persidangan membeberkan fakta ujaran kebencian yang diunggah ke akun facebook oleh terdakwa Sri Rahayu Ningsih.

Sidang ketiga ini merupakan sidang lanjutan dari sebelumnya pada Senin (23/10) laluyang diundur dengan alasan saksi tidak bisa hadir. Hal itu membuat sidang dilanjutkan pada hari ini.

Dalam persidangan, terdakwa Sri Rahayu Ningsih yang didampingi oleh beberapa kuasa hukumnya pun turut dihadirkan ke ruang persidangan. Usai dilakukan pengambilan sumpah terhadap para saksi, satu per satu saksi memberikan keterangan dengan membeberkan fakta-fakta temuan postingan ujaran kebencian, yang diunggah ke akun facebook oleh terdakwa.

Kuasa Hukum Sri Rahayu Ningsih, Nadya Wikeu Rahmawati, mengatakan hasil jawaban saksi pertama dinilai tidak memahami tentang surat edaran Kapolri yang berisi tentang juklak juknis penanganan perkara ini. Sehingga, pihaknya menilai ada beberapa jawaban dari saksi yang tidak diakui oleh terdakwa.

Nadya juga membantah isu adanya kaitannya antara dia dengan terdakwa dengan salah satu partai politik. Sehingga, “Penanganan perkara dengan terdakwa Sri Rahayu Ningsih sama sekali tidak ada kaitannya dengan salah satu parpol, dan dilakukan secara propesional saja berdasarkan kewenangannya selaku advokat,”kata dia.

Di tempat yang sama, JPU Kejari Cianjur, Muhammad Idris F Sihite, menuturkan kehadiran para saksi ini guna keperluan untuk membuktikan unsur dakwaan pihaknya. “Dari hasil keterangan saksi pertama, bahwa unsur subjektif dan unsur objektif ujaran kebencian yang dilakukan terdakwa sudah terpenuhi.” tuturnya. Syamsuri

Category: Hukum & Politik, Waktu Cianjur
resto
No Response

Leave a reply "Sidang Ketiga Terdakwa Saracen Digelar, Satu Saksi Berhalangan Hadir"

[+] kaskus emoticons