Sejumlah Rumah Terancam Tergerus

oleh

CIANJUR, waktunews.com – Tembok penahan tanah (TPT) Sungai Cianjur di RT 02/RW 21 Kelurahan Pamoyanan kecamatan Cianjur ambruk, Sabtu (4/22) lalu. Akibatnya sejumlah rumah di sekitar bantaran terancam tergerus.
Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian itu berawal ketika hujan lebat yang mengguyur kawasan Cianjur sejak sore hingga malam. Tembok pun ambruk. Beruntung tidak ada korban akibat kejadian itu, namun warga sekitar khawatir takut terjadi luapan air sungai susulan yang tinggi.

Ade Maulana, warga sekitar, menuturkan luapan air sungai saat itu diperkirakan mencapai enam meter. Tingginya luapam mengakibatkan tembok pondasi pembatas rumah warga yang berada di lokasi sekitaran sungai ambruk.

“Luapan air sungai yang sangat tinggi dan deras terjadi sekitar pukul 20.00 Wib, saat warga sedang berada di dalam rumah untuk beristirahat. Terdengar suara gemuruh air yang sangat besar, sehingga membuat warga panik,” paparnya.

Adr menuturkan, saat kejadian dirinya selesai pulang dari masjid. Saat mendengar suara gemuruh air yang sangat besar langsung berlari menuju rumahnya yang tepat berada di tembok pembatas. “Untuk memberitahukan keluarga agar keluar dari rumah, karena ditakutkan luapan air sungai yang tinggi menghantam rumah,” ungkapnya.

Selain sering terkikis oleh luapan air sungai yang tinggi, tembok pembatas di area sungai sebagian sudah rusak dan retak karena sering terkena luapan air bah. Bahkan belasan tembok pembatas rumah warga lainnya yang berada di sekitar Sungai Cianjur terancam ambruk dan hancur dikarenakan sering tergerus oleh luapan air sungai yang tinggi saat musim penghujan.
Hingga saat ini warga yang berada di area Sungai Cianjur bersama-sama merenovasi tembok pembatas yang hancur akibat luapan air sungai. “Selain itu masyarakat juga berharap adanya  bantuan dari dinas terkait perihal pembangunan pondasi tembok pembatas,” ujarnya.

Sementara itu Lurah Pamoyanan Kecamatan Cianjur, Dadan Asikin, mengkonfirmasi adanya kejadian tersebut.
“Muhun di RT 02/RW 21 Sungai Cianjur, TPT jebol,” paparnya.

Dia menambahkan, ada sekitar delapan rumah yang terancam tergerus. Pihaknya mengimbau agar warga sekitar lebih hati-hati.
“(Kami) memberikan imbauan kepada warga yang rumahnya terancam supaya lebih hati-hati, kalau bisa agar mengungsi ke tempat yang lebih aman,” tandasnya. Syamsuri/M Reza Fauzie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco