Siapapun Boleh Donor Darah, Asalkan…

oleh
PERIKSA: Sejumlah calon pendonor sedang diperiksa kesehatannya.

CIANJUR, waktunews.com – UTD PMI Kabupaten Cianjur mengadakan kegiatan donor darah di halaman parkir Toserba Selamat Joglo, Minggu (5/11) lalu. Kegiatan tersebut dilakukan untuk menyuplai kebutuhan darah di RSUD Cianjur dan rumah sakit lainnya.

Sandi (31), salah satu petugas, mengatakan donor darah baginya merupakan kegiatan rutin. Ia melakukan hal tersebut tidak hanya menjalankan tugas semata, melainkan untuk mengajak sesama berbuat kebaikan. “Karena setetes darah kita sangat berarti bagi mereka yang membutuhkannya,” ujar dia.

Hal serupa juga sering ia lakukan bersama teamnya di tempat lain, seperti di instansi pemerintahan, perusahaan, bahkan turun langsung ke lingkungan masyarakat. Mencari pendonor darah adalah hal yang mudah baginya, dalam sehari ia bisa kedatangan lebih dari 30 pendonor. Namun bisa atau tidaknya mendonorkan darah kembali kepada kondisi kesehatan kliennya.

“Dibilang punya langganan pendonor tidak, tapi mereka datang dengan sendirinya. Menyikapi hal tersebut saya harus berhati-hati memilihnya dalam harus betul-betul apik dalam memilih klien, karena darah yang dilontarkan itu harus steril,” akunya.

Menurutnya, seseorang yang biasa mendonorkan darah pasti akan kembali untuk melakukan hal yang sama. Selain membantu sesama hal tersebut merupakan sudah menjadi kebiasaan yang dibutuhkan.

“Siapapun boleh mendonorkan darah asalkan dalam keadaan sehat, cukup istirahat, terbebas dari narkoba, tidak menginap HIV/AIDS, dan tidak sedang menstruasi. Sebelum melakukan donor darah pendonor diperiksa hemoglobinnya terlebih dahulu,” tambahnya.

Sementara itu salah satu pendonor asal SMAN Cibeber, Rudi SY, mengaku sudah lebih dari 100 kali donor darah. “Saya melakukan donor darah ini yang ke-140 kali. Biasanya saya melakukannya di sekolah dan setiap ada kegiatan donor saya pasti mengikutinya,” ujarnya. HW 6

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco