Ngalokat, Ngaruat, dan Ngarumat Cai Ala SMK IK

oleh

SUKARESMI, waktunews.com – Para budayawan Sunda bersama siswa Sekolah Menengah Kejuruan Industri Kreatif (SMK IK) 7 November, menggelar kegiatan ngalokat, ngaruat, dan ngarumat cai di Gunung Wayang Desa Pakuon Kecamatan Sukaresmi. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati hari kebudayaan nusantara sekaligus ulang tahun SMK IK 7 November.

Budayawan Sunda Cipanas, Fajri menjelaskan, dalam rangka melestarikan dan menjaga adat istiadat serta tradisi sunda, pihaknya menggelar ngalokat, ngaruat, dan ngarumat air di Gunung Wayang. Dengan tujuan berdo’a kepada Allah SWT agar lingkungan makin asri dan terjaga.

“Gunung wayang ini merupakan salah satu peninggalan leluhur sunda yang harus dijaga. Semoga dengan melestarikan adat istiadat sunda ini menjadi pembelajaran bersama, terlebih saat ini kebudayaan sunda sudah mulai tergerus oleh waktu, “paparnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa momentum hari kebudayaan nusantara ini merupakan waktu yang tepat untuk membangkitkan semangat generasi muda, khususnya para abdi seni. Pasalnya generasi anak bangsa tidak dibenarkan melupakan sejarah bangsa.

“Saya berharap sejarah budaya sunda harus tetap dilestarikan,” kata dia.

Pihaknya sangat berharap, dengan diadakannya helaran kebudayaan di Gunung Wayang tersebut bisa menjadi sebuah pengikat tali silaturahmi antar masyarakat serta komunitas komunitas seni.

“Saya pun sangat apresiasi atas kontribusi dari Camat Sukaresmi dan sekdes Pakuon yang mendukung helaran seni dan budaya ini. Ini langkah baik demi pelesatarian nilai luhur seni budaya sunda,” tukasnya. Asep Hendrayana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco