Prioritaskan Infrastruktur, Desa Cibarengkok Genjot Pembangunan

oleh

BOJONGPICUNG, waktunews.com – Desa Cibarengkok Kecamatan Bojongpicung tetapkan prioritas utama pembangunan fisik pada tahun 2018. Prioritas utama pembangunan fisik tersebut adalah rabat beton, Tanggul Penahan Tanah (TPT), Jembatan dan Embung. Semuanya akan memakai anggaran dari Dana Desa (DD).

Kades Cibarengkok Suryana menyatakan pembangunan jalan rabat beton akan dilaksanakan didua tempat yakni sepanjang 271 meter di Kampung Cibarengkok RT 003 RW 001 dengan anggaran sebesar 150 sampai 300 juta rupiah dan Jembatan Kampung ukuran 10 x 40 dan TPT dengan biaya sekitar 115 juta rupiah di RT 003 RW 006. Lalu Embung desa akan dilaksanakan di Kampung Cikeleng untuk menampung sumber mata air alam.

“Ini baru rencana, jadi belum bisa dipastikan. Terutama soal biayanya,” katanya.

Suryana menjelaskan potensi Desa Cibarengkok selain sektor pertanian, baik konvensional maupun jenis pertanian padi organik, terdapat juga budidaya madu asli, pembibitan pohon gaharu, peternakan tiga jenis domba unggulan.

“Domba Garut, Kambing Etawa dan Domba Pedaging. Itu jenis masing–masingnya,” ucapnya

Pembangunan Embung Desa di Kampung Cikeleng tadi, lanjut Suryana, akan dipungsikan sebagai calon Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Cibarengkok.

Sedangkan Camat Bojongpicung, Pujo Nugroho menyatakan pihaknya akan mendukung sekaligus penggunaan seluruh bantuan keuangan kepada desa–desa binaannya.

“Ini sebagai tugas pokok dari pemerintahan kecamatan,” tegasnya.

Pujo Nugroho pun mengutarakan seluruh potensi perekonomian yang ada di desa–desa binaan Kecamatan Bojongpicung akan didukung dan difasilitasi agar lebih berkembang demi kesejahteraan masyarakat.

Pujo memaparkan potensi ekonomi di Kecamatan Bojonpicung antara lain cuka kayu, tepung susu kedelai, ladu kacang, batik tulis produk KWT Dewi Sri.

“Ini adanya di Desa Bojongpicung,” tukasnya.

Selain itu, tambah Pujo Nugroho, ada pula produksi gula semut dan potensi wisata 10 curug di Desa Kemang, produksi jamur hasil dari Desa  Cikondang, produk kukumbul pancing serta bendungan Cisuru di Desa Sukarama. Wisata sosoropotan dan taman hutan gaharu di Desa Cibarengkok

“Selain produk budidaya lebah madu asli yang masih dari Desa Cibarengkok,” pungkasnya. Ruslan Ependi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco