Pencuri Uang Negara Harus Diberhentikan

0 202
Link Banner

CIANJUR – Kasus korupsi dana bansos 2011 yang mencatut nama salah satu pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, menuai banyak komentar. Di antaranya, banyak yang meminta tersangka DAM, untuk diberhentikan dari jabatannya serta dari statusnya yang menjadi PNS.

Ketua Forum Masyarakat Peduli Cianjur (FMPC), Farid Sandy mengungkapkan, DAM yang sudah merugikan negara kurang lebih sebesar Rp 6 Miliar, seharusnya tidak diberi kelonggaran. Menurutnya, usai nanti serangkaian proses hukum dilaksanakan DAM haruslah diberhentikan dari statusnya sebagai PNS.

“Tidak ada toleransi bagi koruptor. Kami meminta kepada pimpinan daerah, setalah DAM mendapatkan putusan dari pengadilan, agar dia diberhentikan saja dari status PNSnya,” ungkapnya.

Sambung Farid, budaya korupsi harus diputus mata rantainya. Caranya, kata dia, yaitu dengan membuat efek jera terhadap pelaku yang sudah tertangkap basah.

“Jika ada PNS yang terlibat korupsi, lalu seolah ringan hukumannya maka calon koruptor lain akan merasa santai,” jelasnya.

Melihat situasi kasus DAM, yang telah dua kali mangkir dari panggilan Kejaksaan Negeri (Kejari) Cianjur, Farid merasa geram. Menurutnya, DAM harus patuh terhadap hukum dengan cara memenuhi panggilan tersebut.

“Jemput paksa DAM. Jangan diberi kelonggaran. Karena dia sudah bersalah, juga tidak bersikap patuh terhadap aturan serta hukum,” tandasnya.

Sebelumnya, Kejari Cianjur, bakal melakukan pemanggilan paksa terhadap DAM, untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) dana Bansos. Pasalnya, DAM tidak menunjukan prilaku kooperatif usai dipanggil kejari sebanyak dua kali.

Kasi Intel Kejari Cianjur, Agus menuturkan, sejak dikeluarkan Surat Penetapan Tersangka (SPT) tanggal 19 Oktober 2017 lalu, DAM sudah dua kali dipanggil untuk diperiksa oleh Kejari Cianjur. Namun hingga saat ini, DAM belum sanggup memenuhi panggilan tersebut.

“Kalau sudah tiga kali dipanggil masih belum bisa memenuhi, kami akan melakukan pemanggilan paksa terhadap DAM,” tegasnya. Eky Rizky

Category: Hukum & Politik, News, Waktu CianjurTags:
resto
No Response

Leave a reply "Pencuri Uang Negara Harus Diberhentikan"

[+] kaskus emoticons