Ratusan Santri Ziarah Ke Makam KH Akhmad Sanusi, Jelang Peringatan Hari Pahlawan

Link Banner

SUKABUMI, waktunews.com– Jelang hari pahlawan 10 nopember (hari ini), ratusan santri Pesantren Dzikir Al-fath, Kapolres, Danramil, serta tokoh agaman Kota Sukabumi, melakukan ziarah kubur ke Komplek Pemakaman KH Ahkmad Sanusi, Di Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, kemarin. Aksi tersebut untuk membudayakan agar setiap momen hari pahlawan untuk menghormati dan menghargai jasa pejuang dan pahlawan dengan melaksanakan ziarah kubur khusus pejuang dan pahlwan dari para kyai. Selain itu, mendorong pemerintah agar segera memperjuangkan mengangkat KH A. Snausi mendapatkan gelar pahlawan nasional.

“Ziarah kubur ke seorang Pahlawan ini ini juga untuk mensosialisaikan kepada masyarakat dan umat, khususnya di Kota Sukabumi untuk memahami sejarah perjuangan KH A. Sanusi yang telah melahirkan PUI dan mendirikan Ponpes Syamsul Ulum dan telah mencetak ribuan kyai dan ulama besar di indonesia,” ujar Pimpinan Pondok Pesantren KH Fajar Laksana, kemarin. .
Aksi ini juga, lanjut KH Fajar, untuk mendorong pemerintah Kota Sukabumi agar secepatnya memberikan hibah tanah untuk pembangunan museum KH Ahkmad Sanusi sebagai sarana pendidikan bagi umat agar mau mencontoh perjuangannya dan membela agama dan negara.
“Kami dari masyarakat Sukabumi menyatakan walaupun belum ditetapkan beliau sebagai pahlawan nasional, maka kami tetap mengakui bahwa asli putra daerah Kota Sukabumi adalah pahlawan nasional<” ujarnya.

Sebagai contoh, Ujar Pembina PS Maung Bodas ini, suri tauladan dan jadi pelajaran buat umat dan masyarakat bahwa ulama kyai juga adalah pejuang NKRI, dan pembela agama. “Jadi antar agama dan negara tidak bertentangan. Dan KH. A.Sanusi yang membuktikan peran ulama dan kyai sangat besar dalam mendirikan NKRI,” katanya.

Oleh karena itu, cetusnya, maka pihaknya memohon kepada Pemerintah Kota Sukabumi agar tidak pernah berhenti untuk mengajukan ke Pemerintah Pusat untuk menetapkan KH A. Sanusi sebagai pahlawan nasional. Dengan demikian maka diharapkan pemerintah Kota Sukabumi maupun Gubernur Jawa Barat, agar diprogramkan untuk mengajukan kembali KH A. Sanusi ke pemerintah pusat,” pungkasnya. Rezky Adisty

Category: Waktu SukabumiTags:
resto
No Response

Leave a reply "Ratusan Santri Ziarah Ke Makam KH Akhmad Sanusi, Jelang Peringatan Hari Pahlawan"

[+] kaskus emoticons