Kapolsek Karangtengah Jalin Silaturahmi Dengan Pemdes    

oleh

Karangtengah – Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Karangtengah Kompol Agus Jamaludin, menyambangi beberapa desa demi menjaga komunikasi yang baik dengan Pemerintahan Desa (Pemdes) dan masyarakat yang ada di wilayah hukum Karangtengah (12/11).

Saat ditemui diruang Kepala Desa (Kades) Sukasari dan Babakancaringin kapolsek Karangtengah menyatakan wajib menjaga komunikasi yang baik dengan pihak Pemdes agar kondisi apapun yang terjadi di wilayah hukum karangtengah, cepat terdeteksi.

“Silaturahmi itu mampu menyambungkan komunikasi dengan baik,” katanya.

Selain dari itu, Kapolsek juga berkesempatan menanyakan peran anak buahnya yang bertugas sebagai Bhabinkabtibmas kepada para Kades. Hal ini menyangkut dalam tugas pengawasan secara langsung terhadap penerapan semua bantuan keuangan yang diterima pihak desa. Terutama bantuan Dana Desa (DD).

“Itu sekarang jadi tugas rutin para Bhabinkabtibmas,” ujar Kapolsek.

Semua pihak, lanjut Pak Kapolsek, menghendaki agar bantuan yang diterima pihak desa dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pembangunan yang maksimal adalah dambaan semua lapisan masyarakat desa yang ada di wilayah kuhum karangtengah.

“terutama pembangunan infrastrukturnya,” ucapnya dengan santai.

Sedangkan Kepala Desa (kades) babakancaringin, Deni Setiabudi menyambut baik kedatangan Kapolsek karangtengah di kantornya.

“Kita bersyukur Pak Kapolsek sudah mau singgah ke desa kita,” tukasnya.

Sebagai seorang Kades, Deni menyatakan kantornya jarang disambangi tokoh penegak hukum seperti sekarang ini.

“Tentunya saya berterima kasih sekali,” ucapnya sambal tersenyum.

Deni menjelaskan soal keterlibatan Petugas Bhabinkabtibmas sudah sejak 2010 selalu dilibatkan dalam perencanaan alokasi bantuan keuangan yang diterima pihak desa dari negara.

“Jauh sebelum ada MoU selalu diajak,” jelasnya.

Dalam hal pengawasan penyerapan bantuan, terutama DD, tambah Deni, sekarang Bhabinkabtibmas jebih jelas lagi pungsinya. Mulai dari Musyarawarah desa (Musdes), Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) hingga penerapan alokasi anggarannya terlibat.

“Pungsinya hampir sama dengan BPD, pengawasan. Kalau teknis dilapangan, bagian Tim Pengelola kegiatan yang bekerja,” pungkasnya menerangkan. Ruslan Ependi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco