Terkait UU Pemilu, Dua Komisioner KPU Siap Mundur

oleh

CIANJUR, waktunews.com – Dua Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, menyatakan siap mengundurkan diri dari kepengurusan Organisasi Masyarakat (Ormas). Hal tersebut, setelah terbitnya Undang – Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang  Pemilihan Umum.

Berdasarkan UU no 7 Tahun 2017, tentang Pemilihan umum, Pasal 21 ayat 1 huruf (f)  dari UU no 7 tersebut menentukan syarat untuk menjadi calon KPU, KPU KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/kota adalah bersedia mengundurkan diri dari kepengurusan Ormas yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum apabila telah terpilih menjadi anggota menjadi anggota KPU, KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota.

Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Anggi Sofia Wardani menyatakan dirinya memang sudah lama kurang aktif di Ormas yang selama ini diikutinya. “Kesibukan saya di KPU yang membutuhkan perhatian khusus,” katanya.

Kata dia, pada saatnya nanti dirinya akan berpamitan kepada rekan – rekan di Pemuda Pancasila (PP) bahwa produk hukum mengharuskan dirinya untuk mundur dari kepengurusan. “Sahabat saya di PP itu orangnya baik – baik. Tapi atasnama peraturan, saya harus pamit,” ucap Anggi.

Hal senada juga dikatakan komisioner lainnya, Hilman H Wahyudi, yang juga pengurus dari Kahmi Cianjur. Dirinya siap mengundurkan diri dan akan lebih fokus menjalankan tugas sehari – hari KPU. “Siap dong,” katanya.

Lagipula, lanjut dia, masa kepengurusan sudah di Kahmi Cianjur hampir habis, lanjut Hilman, malahan dirinya mengaku kerepotan bila ada urusan lain diluar kegiatan KPU Cianjur.

Sementara, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Cianjur Hadi menyambut baik rencana pengunduran diri dua anggota komisioner KPU Cianjur. “Ini semua kan perintah Undang – Undang,” tukasnya.

Hadi juga merasa bisa memprediksi begitu akan kerepotan, bila anggota KPU yang akan memasuki masa tahapan Pilgub Jabar 2018 lalu harus juga memikirkan agenda kerja dari Ormas tempatnya mengabdi. “Saya mengapresiasinya,” tutur Hadi saat ditemui di kantornya. Ruslan Ependi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco