Aksi Desa Percepat Pelayanan

oleh

CIPANAS, waktunews.com – Aplikasi Kependudukan dan Sarana Informasi Desa (Aksi Desa) yang dibuat olehTim Pengembang Desa Sindanglaya (TPMSI) Kecamatan Cipanas memiliki beberapa manfaat. Seperti mempercepat pelayanan kepada masyarakat, memperbaharui data kependudukan menjadi lebih baru, meminimalisir data kependudukan yang sama, hingga membuat data kependudukan menjadi otentik.

Kepala Desa Sindanglaya, Yusuf Saepudin, menuturkan pengelolaan Aksi Desa berada di bawah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Nitya ManggalaSindanglaya sejak tahun 2015 lalu. “Dalam aplikasi ini ada berbagai fitur, seperti data penduduk, data jabatan, data alamat, dan masih banyak fitur lainnya,” tuturnya.

Hingga saat ini sudah ada sejumlah desa yang memasang aplikasi tersebut. Bukan hanya di wilayah Cianjur Utara, tapi mulai merambah ke bagian Selatan.

Diantaranya Desa Sindanglaya, Desa Batulawang, Desa Cipanas, Desa Sindangjaya, Desa Sukanagalih, Desa Sukatani, Desa Sirnagalih, Desa Nagrak, DesaCihaur, dan desa lainnya di Kacamatan Karangtengah, Sukaluyu, hingga Warungkondang.

Yusuf menyebutkan, latar belakang dibuatnya aplikasi itu mengingat pemerintah Desa adalah penyelenggara urusan pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakatnya, dan berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat. Berdasarkan asal-usul, adat istiadat setempat, yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan negara Indonesia.

“Secara harfiah, kantor desa merupakan tempat untuk melayani berbagai keperluan masyarakat yang merupakan warga penduduk desa tersebut. Dalam hal pelayanan tentunya memerlukan berbagai hal yang tentunya harus diperhatikan oleh orang-orang, atau perangkat desa sehingga pelayanan desa di maksud menjadi prima,” tambahnya.

Mengenai harga, lanjut Yusuf, satu paket Aksi Desa dibanderol mulai Rp 8 juta. Tergantung jarak dan lokasi desa secara geografis. “Harga sudah termasuk instalasi server satu unit, instalasi lient satu unit, garansi satu bulan, lalu pelatihan dan pendampingan selama satu tahun,” tutupnya. M Reza Fauzie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco