Karang Taruna Harapkan IRT Menjadi Wirausaha

oleh

BERFOTO : Karang Taruna Kabupaten Cianjur bersama Ibu Rumah Tangga saat berfoto bersama. Karang Taruna meyakini Ibu Rumah Tangga mampu meningkatkan derajat ekonomi keluarga tanpa meninggalkan tugas utamanya.

MANDE, waktunews.com – Karang Taruna Kabupaten Cianjur mengadakan Sosialisasi Wirausaha Berbasis Pengasuhan terhadap 150 orang Ibu rumah tangga (IRT) dalam membantu meningkatkan perekonomian keluarga di Aula Gedung PGRI Kecamatan Mande (15/11).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat  (Kabid Humas), Karangtaruna Kabupaten Cianjur, Deni Abdul Kholik ketika menjadi pembicara menerangkan, salah satu materinya supaya IRT harus bisa memanfaatkan teknologi jaman sekarang untuk dimanfaatkan menjalani bisnis online. “Ibu rumah tangga harus memanfaatkan potensi yang ada untuk membantu suami meningkatkan kesejahteraan,” katanya.

Menurut Deni, tidak sedikit wanita yang takut menjadi ibu rumah tangga full time. Terutama bagi mereka yang sudah terbiasa berkarir dan memiliki pendapatan uang sendiri. Bagi mereka menjadi ibu rumah tangga akan membuat mereka merasa sangat tergantung kepada suami dan kurang mandiri. “Pandangan tersebut adalah pandangan kuno,” ucapnya.

Deni, yang juga politisi muda ini menenggarai, tahun 2017 ini ibu rumah tangga dapat juga  menjadi sosok yang mandiri dan independen. Ibu rumah tangga tetap dapat berkreasi dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi keluarga tanpa mengabaikan tugas utama mereka. “Ada kegiatan yang bersifat sosial serta ada pula kegiatan yang bersifat komersial, bilakukan para ibu rumah tangga” tuturnya.

Kegiatan yang bersifat komersial, lanjut Deni,, maksudnya adalah bisnis ibu rumah tangga yang dilakukan guna  menghasilkan uang tambahan bagi para ibu yang dapat digunakan sebagai salah satu penunjang keuangan keluarga. Hal ini tentunya akan sangat membantu dan dapat membuat keluarga menjadi semakin sejahtera.

“Karenanya, sebagai ibu rumah tangga yang cerdas, anda dapat mulai membuka bisnis ibu hebat untuk mengisi waktu luang Anda agar lebih bermanfaat,” tegasnya.

Deni menerangkan, untuk menjadi wirausahawati tidak perlu modal besar, melainkan harus memiliki keberanian, dan sikap optimis. Ditambah lagi managemen harus baik. Salah satunya, bagi ibu rumah tangga yang ingin menjadi wirausaha bisa dimulai dengan usaha kecil-kecilan. Contohnya menjadi agen pulsa dan berjualan pakaian online atau makanan khas kecamatan Mande. “Insa Allah kalau niat kita baik dan berusaha menjadai wirausaha pasti akan ada jalan untuk meningkatkan ekonomi,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Karangtaruna Kecamatan Mande, Yuyu Winahyu memaparkan, kegiatan sosialisasi wirausaha berbasis pengasuhan ini merupakan program kerja dari Karang Taruna Kabupaten Cianjur yang dilaksanakan di Kecamatan Mande.

“Diharapkan setelah selesai kegiatan ini, ibu rumah tangga bisa menjadi wirausaha dan bisa menambah penghasilan suaminya masing-masing,” imbuhnya. Ruslan Ependi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco