Miliki Potensi Pertanian dan Perkebunan, Cianjur Utara Jadi Lokasi Homestay

oleh

 

CIPANAS, waktunews.com – MTsN 1 Tangerang Selatan mengadakan homestay selama tiga hari di sejumlah objek wisata di kawasan Cianjur utara, kemarin (15/11). Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kemandirian siswanya.

Homestay merupakan bentuk pengarahan dari pihak sekolah kepada siswanya supaya lebih mandiri, berempati, menghargai orang lain, dan punya karakter yang lebih baik.

Salah satu Pembina Pramuka, Abdul Rojak, mengatakan kegiatan itu diikuti sebanyak 350 siswa. Mereka langsung berbaur dengan masyarakat mengenal dunia pertanian.

“Dipilihnya Cipanas sebagai tempat Homestay, karena berpotensi pertanian baik pesawahan maupun perkebunan teh dan bunga,” ujarnya.

Mereka berangkat kemarin pagi dari sekolahnya dan kembali Jumat (17/11) sore. Adanya kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak sekolah ini disambut baik oleh para siswa.

“Homestay selama tiga hari ini bertujuan untuk mengajarkan murid lebih mandiri, belajar jauh dari orangtua. Jangan tinggal enaknya saja melainkan mereka harus betul-betul mandiri, berempati, berkarakter dan menghargai orangtua,”  kata dia.

Abdul mengaku, pihak sekolah sudah berkoordinasi dengan warga. Ada empat siswa yan dititipkan di rumah warga. Nantinya mereka diajarkan bagaimana menjadi orang yang mandiri dengan bertani.

Tidak hanya sampai di situ, sekolah juga mengajak siswanya berkunjung ke tempat wisata yang ada di Kabupaten Cianjur. Seperti Puncak, Kebun Raya Cibodasm dan Istana Presiden Cipanas.

“Dalam pelaksanaannya kami sudah berkoordinasi dengan warga khususnya para petani untuk mengajak muridnya bertani, dengan harapan mereka bisa lebih mandiri tidak serba mengandalkan orang lain. Kalau di rumah mereka tinggal makan, baju tinggal pake, uang tinggal minta, tidak ada usaha,” jelasnya.

Ia berharap, siswanya bisa menjadi orang yang mandiri dan berkarakter yang baik sehingga ketika lulus sekolah nanti mereka lebih siap menghadapi kehidupan yang nyata.

Sementara itu Jahid, salah satu siswa, mengaku senang mengikuti kegiatan itu. Banyak pengalaman dan ilmu yang dia dapat. “Mengikuti kegiatan ini saya sangat senang bisa turun langsung ke kehidupan yang sebenarnya. Selain untuk menambah ilmu, homestay ini juga memberikan banyak pengalaman buat saya,” tandasnya. HW 6

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco