Ribuan Kendaraan Plat Merah Nunggak Pajak

oleh

CIANJUR, waktunews.com – Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengumumkan jika di Cianjur, masih banyak kendaraan pemerintah yang belum melakukan pendaftaran ulang. Dari total jumlah kendaraan yang ada sekitar 4619, hingga saat ini Dispenda baru mencatat 1606 kendaraan saja yang sudah membayar pajak.

Kasi Pendataan dan Penetapan Pajak, Dispenda Provinsi Jabar Wilayah Cianjur, H M Sofian mengatakan, melihat angka yang belum bayar pajak sangat tinggi, pihaknya akan melakukan kroscek terhadap kendaraan dinas di lingkungan pemerintahan Cianjur. Pasalnya, ia juga khawatir jika ada kendaraan yang sudah tidak aktif namun belum dilaporkan.

“Iya karena dilihat dari rekapan tahun sebelumnya, jumlah yang bayar dengan data kendaraan hampir sama terus. Jadi kami khawatir jika ada kendaraan yang memang sudah tidak digunakan, tapi pajaknya masih jalan karena tidak dilaporkan,” ungkapnya.

Adapun, lanjut dia, jika kendaraan dinas yang digunakan belum membayar tunggakan pajak, untuk segera diselesaikan. Pasalnya, pajak sendiri digunakan negara untuk kepentingan pembangunan negeri.

“Kemudian, pemerintah seharusnya memberikan contoh kepada masyarakat. Jangan sampai masyarakat beranggapan jika pemerintahnya saja nunggak pajak, sehingga mereka nantinya akan mengikuti,” ujar Sofian.

Kesadaran wajib membayar pajak, menurut Sofian, harus diawali dari pemerintah terlebih dahulu. Setelah demikian, kata dia, secara otomatis masyarakat juga akan mengikuti, dan menjadi taat untuk membayar pajak.

“Kesadaran ini yang perlu kita bangun. Tapi meski demikian, kami melihat dari tahun ke tahun memang ada perkembangan terkait kesadaran masyarakat terhadap pajak,” tutupnya. Eky Rizky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco