Siswa ‘Sulap’ Sampah Jadi Kerajinan

oleh

KARANGTENGAH, waktunews.com – Siswa kelas VIII dan IX MTs Manarul Huda mengolah sampah anorganik menjadi kerajinan yang menakjubkan. Misalnya sampah botol plastik, sedotan, laher bekas, hingga bekas korek api gas.

Guru Prakarya Kerajinan MTs Manarul Huda, Dacep Jalaludin, menuturkan aneka sampah anorganik didaur ulang menjadi kerjainan.

“Ini masuknya pelajaran Prakarya, sifatnya bebas mau membuat apa saja. Dikembaghkan oleh anak, guru cuma memandu saja,” paparnya saat ditemui, beberapa waktu lalu.

Para siswa membuat berbagai kerajinan seperti miniatur sepeda motor, vespa, dan lainnya. Pembuatannya berlangsung di sekolah.

“Ini bertujuan untuk memanfaatkan sampah sebagai kerajinan. Bikinnya di sekolah kebanyakan miniatur motor,” tambahnya.

Dengan cara tersebut, siswa juga bisa berpikir kreatif dan juga bisa mencintai lingkungannya, dengan cara mendaur ulang sampah.

“Sengaja siswa tidak dikasih contoh supaya luas pengetahuannya dan berpikir kreatif,” tambahnya.

Sementara itu Kepala MTs Manarul Huda, Uum bahrul Ulum, mengatakan pihaknya berencana memamerkan aneka hasil karya siswanya itu. Para orangtua akan diundang untuk melihat bagaimana saja karya anaknya.

“Nanti di akhir semester akan dipamerkan hasil kreasi siswa. Orangtuanya diundang sehingga tahu bagaimana anak bisa berkreasi,” tambahnya.

Bukan hanya itu, adanya pameran karya juga sebagai wadah apresiasi kepada siswa. Dia menambahkan, pameran itu nantinya merupakan yang pertama kali dilakukan.

“Supaya siswa juga terapresiasi, ada rasa bangga,” tandasnya. M Reza Fauzie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco