Bupati Cianjur Lantik Pengurus Paguyuban KSM

oleh

Dituntut Kerja Nyata Sukseskan Program Pemerintah 

KARANGTENGAH, waktunews.com – Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, melantik pengurus Paguyuban Paguyuban Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Sanitasi dan Air Bersih Kabupaten .Cianjur, Sabtu  (25/11). Pelantikan dilaksanakan di Desa Sukajadi Kecamatan Karangtengah Cianjur sekaligus kegiatan Cianjur Ngawangun Lembur (CNL) .

Irvan menerangkan, Paguyuban KSM merupakan mitra Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur dalam menunjang keberhasilan di segala program menyangkut sanitasi dan air bersih di Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan.

Irvan mengharapkan,  paguyuban ini dapat membantu KSM yang telah terbentuk dan menerima program dari pemkab, pemerintah provinsi dan pusat.

“Paguyuban harus mampu menjamin keberlanjutan program dari Pemkab Cianjur. Pada akhirnya  membantu masyarakat penerima manfaat. baik bantuan sanitasi maupun air bersih terlayani dengan baik,” ucap Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Cianjur, Doddy Permadi mengatakan, dirinya sebagai Ketua Dewan Pembina Teknis dalam Paguyuban KSM Sanitasi dan Air Bersih berharap kerja nyata dari seluruh jajaran paguyuban dalam menyukseskan program pemerintah. Baik itu program dari Kementrian PUPR, program Pemerintah Provinsi maupun program dari Pemerintah Kabupaten Cianjur,  khususnya dibidang air bersih dan sanitasi.

“Mitra kerja itu sangat dibutuhkan. Apalagi persoalan air bersih dan sanitasi adalah adalah salah satu prioritas utama dari Pak Bupati,” katanya.

Ketua Paguyuban KSM Sanitasi dan Air Bersih saat ditemui di sekretariatan Paguyuban KSM  di Perumahan Bojongherang RT 001 RW 014 No. 4d Kelurahan Bojongherang Kecamatan Cianjur, menerangkan, tujuan dari organisasi ini sebagai wadah KSM guna memajukan kesejahteraan anggota dan masyarakat penerima manfaat.

“Basisnya dari pemerintah, oleh masyarakat dan untuk masyarakat,” katanya.

Ganthi menjelaskan, anggota paguyuban KSM,  terdiri dari para pengurus KSM pengelola air bersih dan sanitasi/ IPAL komunal/mck yang telah terbentuk baik di desa – desa maupun kelurahan seluruh Kabupaten Cianjur.

“Setiap KSM air bersih dan sanitasi yang sudah terbentuk di desa – desa yang ada di wilayah Kabupaten Cianjur, dengan otomatis sudah menjadi anggota dari paguyuban. Tinggal penyempurnaan jajaran pengurusnya saja,” jelas Ganthi.

Dia menerangkan, saat ini   paguyuban sudah membina KSM yang telah mendapat bantuan program air bersih untuk bisa melayani masyarakat baik itu dari sisi teknis maupun administrasi. Rencana kedepannya ,mendata kembali KSM yang sudah ada di desa – desa, apakah masih beroperasi, tidak beroperasi ataupun apabila ada kendalanya kita bersama sama dengan dinas mencari solusinya.

“Sekarang keberadaan kami sudah diresmikan dan dilantik langsung oleh Bapak Bupati. Kami akan bergerak cepat dalam menyusun penyempurnaan kepengurusan di tingkat kecamatan dan desa- desa,” pungkasnya. Ruslan Ependi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco