Hari Menanam Pohon, Karangtaruna Ajak Warga Selamatkan Bumi

oleh
Cinta Alam : Kabid Humas Karangtaruna Kabupaten Cianjur, Deni Abdul Kholik menanam pohon di Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaluyu Cianjur, Selasa (28/11). FOTO/AGUS/HARIAN WAKTU)

CIANJUR, waktunews.com – Sebagai upaya sederhana yang harus diambil oleh setiap orang dalam rangka ikut berpartisipasi dalam kegiatan menjaga udara kita, adalah dengan menanam pohon disekitar rumah kita masing-masing.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas), Karangtaruna Kabupaten Cianjur, Deni Abdul Kholik yang mewakili ketua umum, disela-sela penanaman pohon di Kecamatan Sukaluyu dan Kecamatan Mande Cianjur , bersama seluruh jajaran pemerintahan kecamatan dan desa, dalam rangka memperingati hari menanam pohon,  Selasa (28/11).

Kata dia, setiap tahun pada tanggal 28 November dilakukan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional. “Peringatan ini bertujuan lebih membangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan seluruh masyarakat Cianjur khususnya di Sukaluyu dan Mande,” tuturnya.

Menurut Deni, Karangtaruna Cianjur terus mendorong masyarakat ikut membangun ekosistem yang akan meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang lebih. “Yang paling sederhana adalah menanam di halaman rumah, dan kita anjurkan tanaman yang bermanfaat seperti buah-buahan,” kata Deni yang kini merambah ke dunia politik ini.

Kata Deni, kegiatan hari ini adalah kegiatan awal, penanaman di dua kecamatan selanjutnya kegiatan penanaman akan dilakukan bersama dengan masyarakat di seluruh kecamatan yang ada di Cianjur. “Kami mengajak masyarakat untuk sama-sama menyelematkan bumi dengan melakukan penanaman pohon,” ujarnya.

Dia menjelaskan, jumlah pohon yang telah ditanam selama tahun 2017 adalah 4.300 batang pohon dengan berbagai jenis. Di antaranya pohon rambutan, mangga, manggis dan lainnya. Pihaknya berharap, pohon yang ditanam dapat bermanfaat bagi masyarakat Cianjur. “Saatnya kita berfikir bagaimana kedepan anak cucu ini tidak kekurangan air. Jangan tinggalkan air mata untuk anak cucu kita, tapi tinggalkanlah mata air bagi mereka,” papar dia.

Sementara itu, Camat Sukaluyu, Wahyu memaparkan, kegiatan penanaman pohon  sebagai sarana edukasi dan  mengajak seluruh komponen masyarakat agar menyadari pentingnya menanam pohon. Dengan tujuan menghindari banjir, longsor dan menjaga ketersediaan air.

”Karena dengan menanam pohon lingkungan kita akan sehat, selain itu keuntungan lainnya sangat banyak dan itu untuk kita semua, sehingga mulailah menjaga lingkungan kita dengan menanam pohon,” imbuhnya. Agus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco