Deding Ishak Paparkan 4 Pilar Kebangsaan Dihadapan Guru

Link Banner

 

 

PACET, waktunews.com – Sebagai pendidik, guru dituntut menjadi teladan perilaku bagi anak-anak didiknya. Termasuk teladan dalam hal nasionalisme dan bela negara.

Atas dasar itulah dari pemikiran tersebut para guru menjadi sasaran sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang diselenggarakan MPR bersama Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Cianjur. Nilai dari Pancasila, UUD ’45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI haruslah dipahami benar oleh pendidik.

“Guru strategis sebab setelah memahami dan menghayati, mereka bisa menularkannya ke anak didiknya masing-masing yang merupakan generasi penerus bangsa dan kepemimpinan bangsa,” ujar anggota MPR RI dari Fraksi Partai Golkar DR.H.Deding Ishak, SH., MM.

Menurutnya jika generasi muda bangsa memahami nilai luhur bangsanya maka akan muncul kepemimpinan nasional yang sangat ideal.

Namun dijelaskannya pasca reformasi 1998 ada fenomena menjauh dari Pancasila di kalangan generasi muda. Padahal Pancasila adalah ideologi yang mempersatukan rakyat yang sangat berbeda dalam wadah NKRI.

“Untuk mewujudkan kehidupan beragama dan bermasyarakat yang penuh toleransi maka harus ditanamkan kembali nilai-nilai Pancasila, UUD ’45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI kepada generasi muda,” jelasnya.

Diharapkan dengan ada penguatan pemahaman Pancasila seperti yang sedang digencarkan MPR RI ke seluruh Indonesia, bisa berdampak positif untuk mewujudkan tatanan hidup yang rukun dan damai.

“Sasaran sosialisasi para guru sangatlah tepat, sebab guru adalah garda terdepan munculnya generasi muda yang pintar dan memliki karakter kebangsaan yang kuat,” tuturnya.

Ditambahkannya apa yang dilakukannya bersama rekan rekan anggota MPR RI sesuai dengan amanat Pasal 5 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 jo UU Nomor 42 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD yang menetapkan bahwa tugas Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia adalah memasyarakatkan memasyarakatkan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Nampak hadir dalam acara tersebut Ketua Badan Sosialisasi MPR RI Ahmad Basarah, SH., MH, Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Cianjur Fraksi Golkar Sapturo, Ketua PGRI Kab.Cianjur Djumati, dan perwakilan Guru SD, SMP, SMA/SMK se Cianjur.

“Kami sangat apresiasi sosialisasi 4 pilar ini mengingat di Kabupaten Cianjur ada 30.000 anggota PGRI di 32 Kecamatan Kab.Cianjur , dan selama ini memang kami menunggu sosialisasi dr MPR RI terkait Wawasan kebangsaan,” ujar Ketua PGRI Kabupaten Cianjur Jumati.

Dijelaskannya yang hadir disini kebanyakan guru honorer walaupun honorer tetapi motifasinya sangat luar biasa dalan mengikuti sosialisasi empat pilar. “Setelah mendapat sosialisasi ini harapan saya para guru agar diterapkan di sekolah agar murid mengetahui dan memiliki rasa nasionalisme yang kuat,” tukasnya. (Eky)

Category: Cianjur Pintar, Lintas Cianjur, Waktu CianjurTags:
resto
No Response

Leave a reply "Deding Ishak Paparkan 4 Pilar Kebangsaan Dihadapan Guru"

[+] kaskus emoticons