Perlunya Undang-undang Tentang Larangan Merokok Saat Mengendarai

oleh
nikotin bekas rokok

Oleh : Yudi (Wasekum PA HMI Cabang Cianjur)

Sudah kita ketahui semua, bahwa merokok dapat menimbulkan penyakit bagi organ tubuh manusia. Semua orang tahu persis bahaya merokok, tetapi hal ini tidak membuat para perokok serta-merta berhenti merokok. Selain itu, tidak hanya perokok aktif yang mendapatkan efek negatif rokok. Perokok pasif yang terkena asapnya saja bisa mendapatkan efek dari rokok yang membahayakan itu.

 

Allah berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al-A’raf: 157 yang artinya : “Dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk”. Hal tersebut bahwa rokok salah satu barang yang buruk dan merusak bagi kesehatan dan diharamkan.

Lebih berbahaya lagi ketika para perokok aktif ini merokok sambil mengendarai baik pengguna motor ataupun mobil, karena membahayakan diri dan pengendara yang lain. Ketika abu rokok terbang terbawa angin sudah pasti abu rokok tersebut ke belakang pengendara yang lainnya dan itu pernah saya alami, mata saya terkena abu rokok dan pihak pemerintah harus cepat-cepat mengeluarkan undang-undang larangan merokok sambil mengendarai.

Karena dalam undang-undang tentang lalu lintas Pasal 283 siap menjerat dengan bunyi : Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan sebagai diatur dalam Pasal 106 ayat 1 dipidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda Rp 750.000.

Menambahkan undang-undang larangan merokok saat mengendarai adalah salah satu jalan keluar terjadinya kecelakaan bagi pengendara dan pengendara yang lainnya, serta undang-undang larangan merokok sambil mengendarai sudah diterapkan oleh pemerintah inggris.


referensi : http://www.akriko.com/2015/09/mulai-1-oktober-2015-dilarang-merokok.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco