Boleh Kok Berfoto di Stasiun, Tapi…

oleh
TANYA JAWAB: Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung beserta jajarannya sedang tanya jawab saat Konferensi Pers, beberapa waktu lalu.

Boleh Berfoto di Stasiun, Tapi…

CIANJUR – Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung, Joni Martinus, menjelaskan bahwa berfoto di lingkungan stasiun diperbolehkan. Namun tetap harus seizin Humasda atau kepala stasiun.

Hal itu diungkapkannya saat Konferensi Pers bersama awak media dan anggota Railfans Cianjur, dalam kegiatan Press Tour, beberapa waktu lalu.

“Pertama, kami jelaskan kalau foto di stasiun untuk pribadi misal penumpang gak masalah. Izinnya ke kepala stasiun,” paparnya.

Namun, lanjut Joni, lain halnya jika berfoto di stasiun untuk kepentingan komersial. Misalnya foto pra wedding, maka akan dikenakan tarif sewa.

“Tapi kalau untuk kepentingan komersial misal prawed, itu mekanisme sewa atau kontrak. Nanti dari unit pengusahaan aset yang akan menentukan tarifnya,” jelasnya.

Dia menegaskan bahwa stasiun kereta api merupakan tempat pelayanan publik. Saat berfoto pun harus mengedepankan keamanan dan kenyamanan penumpang lainnya.

“Selama bukan untuk komersial diperbolehkan. Intinya untuk izin pemotretan non-komersial  (free of charge) diperbolehkan dengan terlebih dahulu mendapat persetujuan dari pemimpin daerah. Stasiun merupakan fasilitas pelayanan publik, jadi gak bisa asal dan sembarangan, harus ada izin. Ini menyangkut faktor pelayanan dan keamanan,” tutupnya.

Wakil Ketua Komunitas Railfans Cianjur, Gerry Sutedja, mengatakan pihaknya selalu menegaskan kepada para anggota yang hobi berfoto kereta untuk selalu mengedepankan keamanan. Selain itu juga mengimbau agar meminta izin jika berfoto di lingkungan stasiun.

“Memang memfoto kereta bagian dari hobi kami. Meski begitu kami para pengurus selalu mengimbau agar anggota yang hobi foto kereta selalu mengedepankan etika dan keamanan. Istilahnya safety hunting,” tuturnya. M Reza Fauzie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco