Yuk, Baca Buku di Pusda Cianjur

oleh

Yuk, Baca Buku di Pusda Cianjur

MEMBACA : Masyarakat dan pelajar tengah membaca buku di Puda Cianjur di Jalan Siliwangi No. 9.

CIANJUR – Minat baca masyarakat Cianjur sangat terlihat. Hal itu terlihat dari ramainya pengunjung Perpustakaan Daerah (Pusda) Kabupaten Cianjur yang menyediakan berbagai jenis buku.

Perpustakaan yang dikelola Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur tersebut berlokasi di Jalan Siliwangi No. 9, dan buka setiap hari Senin sampai Kamis pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB, dan Jum’at pada pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu perpustakaan tersebut tutup.

“Biasanya minimal 50 pengunjung dalam sehari,” ucap staff di Pusda, Yana Mulyana (3/1/2018).

Buku yang disediakan oleh Pusda Cianjur sangat beragam, mulai dari buku-buku bacaan anak, agama, umum, ilmu-ilmu terapan, koran, arsip, dan lain-lain. Selain buku, Pusda juga menyediakan layanan internet gratis yang dapat pengunjung akses dengan bebas.

“Tapi kalau untuk arsip, pengunjung akan didampingi oleh petugas yang memegang kearsipan,” ujarnya.

Selain membaca ditempat, para pengunjung juga dapat meminjam buku yang diinginkan maksimal sebanyak 2 buku selama 5 hari dengan menjadi anggota pembaca Pusda terlebih dahulu. Sedangkan syarat-syarat untuk dapat menjadi anggota pembaca Pusda yaitu mengisi form pendaftaran, menyerahkan foto copy identitas dan pas foto ukuran 2×3 sebanyak 2 lembar, tanpa dipungut biaya apapun.

“Kalau untuk anak yang belum punya kartu identitas seperti KTP, bisa jadi anggota juga dengan melampirkan foto copy identitas orangtuanya sebagai penanggung jawab,” jelasnya.

Pusda pun bekerja sama dengan masyarakat Cianjur untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan minat baca masyarakat, seperti melaksanakan pelatihan-pelatihan yang digelar selama sekitar sebulan sekali.

“Suka ada kegiatan juga seperti beauty class, hijab tutorial, cooking class, dan terakhir kemarin itu ada pelatihan belajar bahasa arab,” ucapnya. W8/Kie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco