Yundami Kreatif Mengembangkan Hobi Menjadi Bisnis

oleh
Foto: Istimewa for Waktunews.com
KREATIF: Yumi Emassari dan Nurbaeti Sundari mendirikan usaha bernama Yundami pada tahun 2012 lalu.

CIANJUR – Hobi dapat menghasilkan rupiah jika kita cerdas mengolahnya. Seperti yang dilakukan Yumi Emassari dan Nurbaeti Sundari. Keduanya yang menyukai aksesoris dan hobi berkreasi mendirikan usaha bernama Yundami pada tahun 2012 lalu. Lokasinya di BTN Gunteng Jalan Abimanyu 2 Blok AF No 2, Desa Bojong Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur.

“Daripada bikin aksesoris terus buat sendiri doang, mending dijualin juga biar bisa menghasilkan,” ucap Yumi.

Hasil kreasi yang ditawarkan berupa aksesoris perempuan, pincushion, dan souvenir dengan harga mulai dari Rp.3000,- hingga Rp120.000. Yundami pun menyediakan berbagai produk fashion seperti pakaian, tas, dan sepatu.

“Yang paling utama kreasi-kreasi handmade, kalau pakaian sama yang lain-lain cuma resell aja,” jelasnya.

Memulai usahanya di Car Free Day, toko online, dan media sosial, Yundami semakin berkembang setelah mendapatkan banyak relasi dengan berbagai komunitas dan organisasi wirausaha. “Sekarang Alhamdulillah udah banyak ikutan bazaar sampai keluar kota,” ucapnya.

Saat ini, pincushion dengan bentuk dan warna yang menarik adalah kreasi yang paling banyak diminati. Yundami juga tengah mengangkat batik Cianjur yang di aplikasikan pada kalung.

“Pengen mempopulerkan batik Cianjur yang bisa diperoleh masyarakat dengan lebih terjangkau dan bisa dipakai kapan saja, gak cuma berupa baju yang dipakai saat acara formal,” jelasnya.

Menurutnya, kualitas produk sangat penting, terlebih karna produk-produk Yundami adalah hasil kreasi kerajinan tangan.”Pembeli bakal betah beli sama kita kalau produknya bagus & awet,” ujarnya.

Nama Yundami berawal dari keisengan Yumi yang senang membuat nama-nama unik saat kuliah, Yumi mencoba menggabungkan namanya dengan nama saudara-saudarinya, yaitu Yumi, Sundari, dan Helmi-yang saat ini masih sekolah, menjadi Yundami, yang kemudian dijadikan merek usaha.

“Jadi semacam bisnis keluarga,” pungkasnya. (w08/mrf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco