SDN Ibu Jenab 1 Akan Dipindahkan, Bangunan Cagar Budaya Harus Dipertahankan

oleh
Foto: Asep Hendrayana/Waktunews.com
PERTEMUAN: Kepala Disdikbud Kabupaten Cianjur sedang bertemu dengan cucu Ibu Siti Jenab di SDN Ibu Jenab 1 Cianjur.

CIANJUR – Anak dan cucu Ibu Siti Jenab meminta pemerintah tidak melupakan sejarah dan tetap mempertahankan bangunan SDN Ibu Jenab 1 Cianjur yang beridiri sejak 1906 sebagai cagar budaya. Hal tersebut diungkapkan mereka pada pertemuan dengan Dinas Pendidikan dan Kebuyaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur di SDN Ibu Jenab 1. Rabu (10/01/2018) pagi.

Memet Hakim, cucu dari Ibu Siti Jenab, mengatakan pihaknya tidak merasa keberatan jika lokasi SDN Ibu Jenab harus dipindahkan ke lokasi baru. Namun bangunan yang merupakan sekolah pertama di Kabupaten Cianjur yang juga sebagai peninggalan neneknya itu tetap harus dilestarikan. Selain itu juga tetap dijadikan sebagai kegiatan pendidikan, khususnya untuk wanita.

“Nenek kami Ibu Siti Jenab membangun sekolah ini karena beliau menginginkan wanita di Cianjur maju. Sangat disayangkan kalau sekarang tempat ini akan diubah menjadi sarana umum lainnya,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan oleh orangtua siswa, Evi Fitria (36). Dirinya tidak setuju jika lokasi SDN Ibu Jenab 1 harus pindah tempat. Menurutnya  sangat disayangkan jika bangunan yang begitu bersejarah ini harus ditinggalkan.

Evi menambahkan, lokasi baru yang akan dipindahi masih perlu beberapa pembenahan. Seperti halnya pembatas atau benteng sungai. Selain itu belum ada lapang upacara dan sarana olahraga.

“Gak setuju mas. Pertama terlalu jauh untuk saya, terus di sana itu belum ada benteng atau pembatas sungai kan takut,” ungkap ibu dari siswa kelas II itu.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Disdikbud Kabupaten Cianjur, Cecep Sobandi, mengatakan pemindahan SDN Ibu Jenab 1 dilakukan agar pendidikan Cianjur lebih maju dan lebih berkembang. Adapun permintaan dari pihak anak dan cucu Ibu Siti Jenab akan segera dia sampaikan kepada Bupati Cianjur.

“Permintaan dari mereka akan saya sampaikan kepada Bapak Bupati,” kata dia.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, lokasi baru yang akan di tempati oleh SDN Ibu Jenab 1  sudah selesai dan siap untuk ditempati. Lokasi tersebut merulakan tempat yang lebih seterategis, lebih bagus juga lebih nyaman untuk kegiatan belajar mengajar.

“Di sana sudah beres dan kita siap untuk pindah. Adapun untuk pagar itu sudah masuk program dan akan segera diselesaikan tahun ini,” jelasnya. (ahy/mrf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco