Bupati Cianjur: Kami Akan Atur Tata Niaga Sayur-mayur

oleh

 

CIANJUR – Pemerintah Kabupaten Cianjur berupaya memaksimalkan

potensi hortikultura. Berdasarkan data yang dihimpun, dari luas total wilayah hortikultura di Kabupaten Cianjur sekitar 1.070 hektar, 70 persennya berada di Cianjur utara.

Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar menjelaskan, untuk pengembangan kawasan Agropolitan pihaknya ingin membuat lumbung sebagai gudang menimbun hasil produksi hortikultura.

“Kita akan memproteksi dengan membuat industri hortikultura yang dibuat pemerintah,” jelasnya.

Selama ini para petani hortikultura ini mulai dari memproduksi sudah dimodali bandar atau tengkulak. Sehingga, merugikan sejumlah petani kecil. Makanya Pemkab Cianjur akan segera merubah tata niaga yang ada, dan di setiap desa pun disiapkan pasar untuk mendukung upaya tersebut.

“Kami akan atur tata niaga sayur-mayur, dan pemerintah pun akan menjamin harga jualnya sehingga stabil. Tak hanya itu proses pemasaran pun akan kami lakukan,” bebernya.

Dilain hal, Pemkab Cianjur akan berupaya menguasai sumber matar air, sehingga produksi air bersih meskipun pergantian musim/iklim yang berbeda akan tetap terjaga.

“Baik tata niaga hingga pangsa pasar horti akan kami tangani bersama sehingga semua bisa diatasi. Makanya Pemda Cianjur sangat peduli terhadap hal itu, mengingat potensi horti Cianjur ini melimpah dan sudah di ekspor ke beberapa negara seperti di negara Eropa, hingga Asia,” pungkasnya. (w10/rus)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco