Harga Beras di Cianjur ‘Nerekel‘

oleh

 

Foto; Syamsuri/Waktunews.com
NAIK: Harga beras di Pasar Induk Pasirhayam naik secara bertahap.

CIANJUR – Harga beras medium dan premium di Pasar Induk Pasirhayam Kabupaten Cianjur naik bertahap sejak dua pekan terakhir. Saat ini harga beras jenis premium sekitar Rp 13 ribu dari sebelumnya sekitar Rp 11 ribu hingga Rp 12 ribu per kilogram. Beras medium yang biasanya Rp 8 ribu naik hingga Rp11 ribu per kilogram.

Pemilik Toko Beras Sri Wahyuni di Pasar Induk Pasirhayam, Wahyu, mengatakan harga beras naik sudah terjadi sejak awal tahun 2018. Dia menyebutkan, setiap naik harganya hanya kisaran Rp 200 per kilogram.

“Kalau dihitung naiknya sudah mencapai Rp 2 ribu per kilogram,” ujarnya kepada wartawan, baru-baru ini.

Dia mengaku tidak tahu penyebab naiknya harga beras. Namun kenaikan harga beras setiap awal tahun seperti sudah menjadi hal biasa.

“Memang kalau akhir tahun masuk ke awal tahun sering begini (harga naik, red). Tapi tahun ini bisa dibilang naiknya cukup tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” tambahnya.

Sata ini, persediaan beras di tokonya dinilai masih cukup. Namun dia mengaku beras jualannya banyak dipasok dari petani di wilayah Cianjur.

“Tapi sekarang karena agak sulit, ada juga pasokan beras dari luar daerah, seperti dari Cilacap dan Yogyakarta,” ujarnya.

Naiknya harga beras banyak dikeluhkan pembeli. Namun karena beras merupakan komoditas pokok, harga berapapun biasanya akan dibeli masyarakat. “Keluhan mah pasti ada saja dari pembeli. Tapi mau gimana lagi, dari sananya juga harga sudah mahal,” tandasnya. (rie/mrf)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco