Puskesmas Cikondang Harapkan Perluasan Layanan Kesehatan

oleh
Sukarna Wijaya (Bah Dede) berseta seluruh jajaran Puskesmas Cikondang Bojongpicung mengaharapkan penambahan desa layanan demi teecapainya target PAD Cianjur Tahun 2018 ini.

Bojongpicung – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cikondang, Bojongpicung mengaharapkan penambahan desa layanan, yang asalnya hanya melayani masyarakat 4 desa, menjadi 5 desa. Hal ini bertujuan untuk pemenuhan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Cianjur sebesar 83 juta per tahun.

Kepala Puskesmas Cikondang, Sukarma Wijaya menjelaskan, saat ini pelayanan kesehatan yang dilaksanakannya hanya meliputi 4 desa yang antara lain Sukarama, Jatisari, Cikondang dan Sukajaya.

“Jadi persentase kunjungannya pun sedikit,” jelasnya.

Sukarma Wijaya memaparkan, saat dirinya baru menjabat sebagai Kepala Puskesmas, pendapatan untuk PAD hanya 28 juta pertahun saja. Dalam kepemimpinannya, tahun 2017 lalu, sudah mencapai angka 50 juta untuk PAD Cianjur.

“Dan untuk Tahun 2018 ini, target PAD dari Peskesmas Cikondang adalah 83 juta. Sangat berat bagi kami, karena jumlah kunjungan masyarakat yang sedikit,” ucapnya.

Menurutnya, bila saja ditambah satu desa lagi, maka kemungkinan besar, target yang sudah ditetapkan tersebut bisa dilampaui.

“Yang paling memungkinkan adalah penambahan layanan terhadap masyarakat Desa Jati. Jaraknya dekat,” tukasnya.

Saat ini, lanjut Pejabat yang biasa disapa Bah Dede ini, Puskesmas Cikondang sedang menunggu hasil penilaian Tim Akreditasi yang sudah dilaksanakan tahun 2017 lalu.

“Kemungkinannya Bulan Mei hasilnya bisa diperoleh,” tambahnya.

Dirinya merasa optimis akan lolos dalam hal penilaian Akreditasi. Hal dikarenakan Puskesmas Cikondang selalu rapi dalam hal managemen administrasi, optimal dalam Upaya Kesehatan Perorangan dan begitu juga maksimal dalam Upaya Kesehatan Masyarakat.

“Persoalannya Cuma satu. Yaitu tadi, kurangnya kunjungan karena Cuma melayani 4 desa saja,” ujarnya.

Dah Dede berjanji, apapun yang terjadi, dirinya beserta 42 personil staf di Puskesmas Cikondang akan tetap memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal terhadap masyarakat Bojongpicung.

“Pelayan maksimal ini selalu ditekankan oleh Bapak Bupati agar Cianjur selalu unggul dalam segala bidang. Sesuai dengan jargon Cianjur Jago,” pungkasnya. Rus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco