Urus Surat Pertanahan, Ketua RT Diharapkan Ikut Membantu

oleh

 

Foto: Shandi Risa Ali/Waktunews.com
SIMBOLIS: Sejumlah kepala desa menerima patok tanah secara simbolis.

CIANJUR – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Cianjur menggelar pencanangan gerakan pemasangan patok tanah, di aula Desa Benjot Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur, Kamis (18/1/2018). Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap PTSL 2018.

Dalam acara tersebut peserta yang hadir diberikan penyuluhan dan penyerahan patok tanah secara simbolis kepada sejumlah kepala desa. Di antaranya Kepala Desa Benjot, Gasol, Sukamanah dan Wangunjaya.

“Tanah yang belum memiliki sertifikat akan diukur dan akan diterbitkan sertifikatnya,” ujar Ketua Tim PTSL Kecamatan Cugenang, Subiadha, dalam sambutannya.

Dia menuturkan, ketua RT dan RW diharapkan membantu masyarakat dalam mengurus surat-surat pertanahan. Selain itu harus mau menjadi saksi pada saat memasang batas tanah.

“Para pemilik tanah yang berbatasan dengan tanah yang diukur harus turut hadir pada saat pemasangan tanda batas, supaya tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari,” ujarnya.

Kepala BPN Kabupaten Cianjur, Lutfi Zakaria, menyebutkan gerakan pemasangan patok tanah guna menghindari pergesekan dan meminimalisir permasalahan, yang disebabkan dari kepemilikan tanah.

“Saya harapkan masyarakat mau terlibat langsung saat pengukuran dan pemasangan patok tanah,” tuturnya. (w06/mrf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco