Kawasan Wisata Puncak Harus Dipercantik, Jangan Sering Banyak Galian

oleh
Eko Wiwid; Kegiatan galian yang membuat pemandangan jadi berantakan di kawasan wisata Puncak, jangan terlalu sering dilakukan. Baiknya justru dibangun beberapa monumen tugu yang sesuai dengan nilai sejarah kawasan Puncak itu sendiri.

Kawasan Wisata Puncak Harus Dipercantik, Jangan Sering Banyak Galian

 

Puncak, CIANJUR – Masyarakat kawasan wisata Puncak menginginkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur agar mempercantik tampilan daerahnya, dari mulai Puncak sampai Kecamatan Cugenang, (21/01).

Keinginan tersebut dianggap wajar karena selama ini, destinasti wisata alam kawasan Puncak menjadi tulang punggung besarnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Cianjur. Disamping itu juga, dipercantiknya kawasan Puncak akan lebih memikat kedatangan para pelancong, baik lokal ataupun pelancong manca negara.

Eko Wiwid, salah seorang tokoh pemuda Cipanas mengemukakan sarannya agar Pemkab Cianjur membangun beberapa monumen indah berupa tugu di tempat tempat yang strategis di kawasan wisata itu.

“Dari mulai Puncak sampai Cugenang. Tinggal pilih dimana saja tempatnya,” katanya.

Eko yang dikenal masyarakat luas sebagai aktivis lingkungan ini merasa jengah dengan beberapa kegiatan galian yang terjadi sepanjang jalan utama wisata Cipanas. Hal tersebut membuat lingkungan disekitar kegiatan menjadi terkesan semerawut dan kotor.

“Bagaimana mau memikat wisatawan kalau pinggir jalan saja berantakan seperti itu,” tukasnya.

Menurut Eko, Pemkab Cianjur jangan terlalu terfokus pada pembangunan monumen atau tugu di  Cianjur kota saja. Wilayah yang sudah jelas mampu mendatangkan pendapatan lebih bagi PAD juga harus diperhatikan.

Dirinya mengaku sudah memiliki beberapa ide jenis monumen yang pantas dan selaras dengan kawasan puncak. Hanya saja, dirinya merasa pesimis idenya akan realisasikan oleh pihak pemangku kebijakan. Apalagi untuk membuat sebuah monumen harus dilakukan terlebih dahulu sebuah penelitian, agar sesuai dengan nilai historis sebuah daerah atau kawasan.

“Ide sebagus apapun, katanya, sering mentok oleh kepentingan siapa yang dekat dengan kekuasaan,” ungkapnya. Rus

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco