Minim Perhatian, Potensi Hortikultura Belum Maksimal

oleh
Foto: Farhaan M Ridwan/Waktunews.com MINIM: Potensi sayur-mayur di wilayah Cianjur utara belum dimaksimalkan karena kurangnya perhatian.

  CIANJUR – Potensi sayur-mayur di wilayah Cianjur utara belum dimaksimalkan, sehingga tak jarang pasar untuk memenuhi kebutuhan memasok dari luar wilayah Cianjur hingga luar negeri.

Wakil Ketua Bidang Promosi Sub Terminal Agrobisnis, Prasetyo, menjelaskan, saat ini perhatian pemerintah terhadap para petani jenis hortikultura masih minim. Tak jarang diantara para petani asal tanam, sehingga harga dan pasokannya pun sulit dikendalikan.

“Lihat saja harga aneka sayur-mayur, seperti beragam kerap cabai melonjak tinggi di penjuru Cianjur. Padahal itu bisa diantisipasi dengan memaksimalkan pola dan cara penanaman aneka jenis tanaman holtikultura,” paparnya.

Diakuinya, perhatian pemerintah minim terhadap para petani aneka hortikultura. Lihat saja sistem informasi pertanian holtikultura, bantuan pengadaan bibit, dan obat anti hama pemerintah tak membantu. Dampaknya masa tanam para petani tidak jelas, dan petani kerap gagal panen.

“Pemerintah malah membiarkan penanaman secara bebas, padahal wilayah Cipanas, Pacet, dana Cugenang yang memiliki hawa dingin ini berpotensi untuk dikembangkan holtikultura,” terangnya.

Akibat minimnya perhatian pemerintah terhadap para petani holtikultura saat panen hasilnya tidak merata, gagal panen, suplai tidak mendukung, dan harga meningkat. Tentunya ini merugikan masyarakat, karena harga tinggi dan kualitas sayur-mayur buruk.

“Sebenarnya waktu tanam sayur-mayur 100 hari tetapi petani asal – asalan tanpa ilmu pengetahuan. Jadi hasil panen pun tak maksimal,” tuturnya.

Jika hasil pertanian hortikultura dimaksimalkan pasokan cabai di Cipanas bisa mencukupi kebutuhan masyarakat Cianjur. Sehingga harganya pun tak terlampau tinggi.

“Pantauan kami tim penyuluhan Dinas Pertanian pun minim, sehingga pola dan waktu tanam membuat harga sayuran tinggi, suplai sedikit, padahal konsumsi meningkat,”jelasnya.

jika dikelola dengan baik, berbagai jenis hortikultura Cianjur setara yang memiliki kualitas unggulan, bisa mencukupi kebutuhan pasar di Cianjur dan harga pun bisa terkendali.(w10/mrf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco