Tumpukan Sampah di Raweuy Belum Teratasi, Ternyata Ini Penyebabnya

oleh
Foto: Sandi Risa Ali/ Waktunews.com NUMPUK: Sampah di Kampung Raweuy RT 02/RW 07 Desa Mekarsari Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur belum teratasi.

CIANJUR – Tumpukan sampah di bak penampungan sementara di Kampung Raweuy RT 02/RW 07 Desa Mekarsari Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur belum bisa diatasi. Selain banyak warga dari luar Kampung Raweuy yang membuang sampah ke sana, sampah tidak terangkut truk. Berdasarkan laporan dari tim pengelola sampah RW 07, personel truk pengangkut sampah meminta uang untuk mengangkut sampah di sana.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Ketua RW 07, Mansur  Dia mengaku awalnya rela merogoh koceknya sendiri untuk memberi uang rokok kepada personil truk pengangkut sampah.

“Sebagai ketua RW saya berinisiatif sendiri untuk memberi uang rokok tim pengangkut sampah,” ujarnya.

Namun, dia juga menceritakan bahwa salah satu ketua RT juga dimintai uang untuk mengangkut sampah.

“Tapi lama-lama saya mendengar dari salah satu ketua RT yang mengatakan, truk pengangkut sampah pernah meminta uang sampai Rp 800 ribu,” ujarnya.

Sebelumnya memang ada petugas yang mengelola sampah di lingkungan RW 07. Berdasarkan hasil musyawarah kadus, ketua RW, RT dan tokoh masyarakat, semua sepakat untuk membayar jasa angkut sampah dari rumah warga sebesar Rp 2 ribu per KK untuk pembelian plastik sampah, pemeliharaan tempat penampungan sampah sementara, dan upah pekerja.

Namun sayang program tersebut tidak berlangsung lama, karena kurangnya perhatian dari pemerintah setempat. Padahal di desa tersebut sudah terdapat motor pengangkut sampah, tetapi tidak digunakan.

Dikonfirmasi di kantornya, Sekretaris Desa Mekarsari, Tuti, mengatakan dirinya akan menanyakan terlebih dahulu kepada kepala desa terkait motor pengangkut sampah.

“Nanti saya tanyakan sama pak kades, karena saya kurang begitu paham masalah tersebut,” kata Tuti.

Sementara itu, reporter Waktunews.com masih berusaha untuk mengonfirmasi pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur. (w06/mrf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco