Dinkes Cianjur Serius Perangi Difteri Sampai Tuntas

oleh
Tresna Humelar diapit Sekdis Kesehatan, Agus Haris, Camat Bojongpicung Pujo Nugroho serta Kepala Puskesmas Cikondang,Sukarma Wijaya (kedua dari kanan) sesaat setelah melaksanakan ORI dalam rangka pencegahan penyakit Difteri.

 

Cianjur – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Cianjur, Tres Gumelar menyatakan keseriusannya memerangi penyakit Difteri sampai tuntas dengan terus melaksanakan imunisani massal didaerah – daerah suspek.

Tresna menyebutkan, pihaknya bahkan sudah melakukan Outbrick Response imunisation (ORI) Difteri di dua kecamatan yakni Bojongpicung dan Cidaun untuk memastikan Dinkes Cianjur gerak cepat.

“Oh iya, kemarin kita melaksanakannya di dua kecamatan itu,” sebutnya.

Tresna mengaku, Dinas Kesehatan yang dipimpinnya senantia akan terus memantau setiap perkembangan penyebaran penyakit Difteri yang terjadi ditengah masyarakat.

“Segera periksakan apabila terjadi demam, batuk yang disertai sakit bahkan bengkak pada tenggorokan. Ini tandanya penyakit Difteri,” pesannya.

Tresna mengingatkan bahaya penyakit yang satu bisa merenggut nyawa sipenderita bila tidak segera ditangani oleh tenaga kesehatan yang ada.

“Bila sudah terasa, segera datang ke Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat,” ucapnya.

Penanganan yang baik, lanjut Pak Kadis,  sudah dilakukan oleh Puskesmas Cikondang dan Cidaun yang masyarakatnya terkena Difteri. Gerak cepat mereka, para tenaga kesehatan disana pantas diapresiasi.

“Alhamdulillah, dua orang yang positif difteri di dua kecamatan itu selamat dan menjalani hidup normal kembali,” terangnya.

Menurut Tresna, sekarang ini pihak Dinkes disertai Puskesmas dan para kader Posyandu terus menyisir siapapun yang pernah berinteraksi dengan dua orang suspek positif Difteri itu. Hal dilakukan demi memerangi Difteri hingga tuntas.

“Bahkan pihak TNI maupun Polisi siap membantu kami seperti yang terjadi pada kegiatan ORI kemarin di Puskeamas Cikondang Bojongpicung,” pungkasnya. Rus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco