Ala Cafe Siap Wadahi Bakat Seni Kawula Muda

oleh
foto: istimewa
Suasana Ala Cafe yang menunjang bakat seni kawula muda Cianjur untuk unjuk kebolehan sambil menikmati hidangan yang disajikan

CIANJUR – Sudah sewajarnya cafe ataupun restoran menjadi tempat nongkrong dan makan-minum yang tepat. Namun bagaimana jika tempat tersebut juga menjadi tempat yang tepat untuk menyalurkan serta mengembangkan hobi dan bakat?

Ala Cafe & Resto yang terletak di Jalan KH. Abdullah Bin Nuh ini salah satunya, tepatnya di seberang Kantor Polres Cianjur, yang dimulai beroperasi sejak November 2017 lalu. Cafe dan restoran bernuansa seni tersebut mengundang masyarakat Cianjur terutama kawula muda untuk menyalurkan serta mengembangkan bakat dan kemampuan seninya. Baik itu seni bermusik, tari, bahkan sulap.

“Ataupun yang punya hobi-hobi positif lain,” ucap Ilfa Sahwa Rahmat, salah satu pengelola Ala Cafe & Resto.

Melihat perkembangan seniman dan musisi di Cianjur yang dirasa masih kurang, Rudi Kurniawan berinisiatif untuk membangun sebuah wadah bagi para seniman serta musisi Cianjur untuk menyalurkan serta mengembangkan bakat dan kemampuan dalam bidang seni tradisional hingga modern. Bekerjasama dengan sang istri, Eli Solihat, yang juga memiliki kemampuan di bidang kuliner, pasangan suami istri tersebut mewujudkan keinginannya dibantu oleh 3 putra mereka.

“Ala Cafe & Resto ini memang tampil sewajarnya saja. Tujuan aslinya, untuk mewadahi musisi dan seniman Cianjur,” ucap Ilham Maulana Rahmat, salah satu putra dan pengelola Ala Cafe & Resto.

Hingga saat ini, sudah ada beberapa komunitas yang melaksanakan kegiatan di Ala Cafe & Resto, diantaranya KRCC (Komunitas Raege Cipanas Cianjur), Komunitas Kepemudaan Islami, Baraya Clasic Cianjur (komunitas motor gede), komunitas Vespa Mania, beberapa band asli Cianjur, dan sebagainya.

“Komunitas motor yang ngadain kegiatan disini gak cuma ngongkrong aja, tapi ada kegiatan sharing ilmu tentang hobi dan ilmu kehidupan juga,” jelas Ilfa.

Musisi dan seniman yang ingin tampil di Ala Cafe & Resto tidak dipungut biaya sama sekali. Sarana dan waktu pun telah disediakan, yang terpenting adalah kemauan seniman & musisi untuk menampilkan bakat serta kemampuannya.

“Kami pengen Cianjur lebih berkembang,” ujar Ilham.

Ala Cafe & Resto memiliki jadwal tema bagi seniman dan musisi yang ingin tampil, yaitu Senin untuk musik indie atau lokal, Rabu untuk musik jazz, Jum’at untuk musik klasik, Sabtu untuk musik atau seni modern pada pukul 20.00 hingga 22.00.

Rencananya, lanjut Ilham, Ala Cafe & Resto juga ingin bisa menampilkan sulap dan seni tradisional, namun saat ini seniman dan musisi di bidang tersebut belum ditemukan.

“Kami juga ingin melestarikan budaya tradisional,” tambahnya.

Ilham mengaku, menu makanan dan minuman yang ditawarkan di Ala Cafe & Resto pun dijamin akan mengundang selera. Dengan menu khas Indonesia seperti Ayam Penyet, Soto, Nasi Goreng, dan sebagainya sangat cocok dengan lidah masyarakat Indonesia. Disertai pula dengan harga yang ramah di kantong kaula muda. Untuk minuman saja dihargai mulai dari Rp.5.000,- sampai Rp.15.000,-, sedangkan makanan mulai harga Rp.6.000,- sampai Rp.20.000,-

“Ibu memang dasarnya dari kuliner, kalau bapak dulunya musisi di Cipanas,” jelasnya.

Ilham mempersilahkan bagi masyarakat Cianjur yang ingin menampilkan karyanya, ataupun sekedar

menonton penampilan dari para seniman dan musisi Cianjur, dapat mengunjungi Ala Cafe & Resto yang buka setiap hari pada pukul 10.00 hingga 24.00.

“Gak cuma nongkrong, itung-itung latihan tampil,” tutupnya. (w08/rus/wrf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco