BUMDes Sabilulungan Ubah Sampah Jadi Manfaat

oleh
Berhasil; Wakil Ketua Komisi II DPR RI Riza Patria (paling kiri) didampingi Kades Cibodas dan Ketua BUMDes Sabilulungan meninjau mesin pengolah sampah. Menurut Riza, BUMDes Sabilulungan adalah salah satu bukti berhasilnya pihak desa memanfaatkan bantuan 1 milyar dari pemerintah.

 

Cibodas, CIANJUR – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sabilulungan Desa Cibodas Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur sedang mengembangkan berbaga inovasi. Seperti pengembangan pertanian, pengolahan sampah, hingga pemanfaatan fasilitas olahraga.

Direktur BUMDes Sabilulungan Desa Cibodas, Prasetyo, menjelaskan saat ini pihaknya fokus mengembangkan pengelolaan sampah. Hal itu agar sampah yang dibuang masyarakat Desa Cibodas diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat. Pihak desa pun sudah menyediakan alat mengolah sampah yang mampu memilah jenis sampah organik dan non-organik.

“Diharapkan dengan upaya ini bisa membuat Desa Cibodas yang bersih dan sejahtera,” tuturnya.

Prasetyo mengakui, hasil dari sampah yang sudah diolah ini bisa menjadi pemasukan dari sektor usaha ke Pendapatan Asli Desa (PADes). Bahkan saat ini sudah ada segmentasi pasar yang menampung hasil olahan sampah.

Selain pertanian bunga dan pengolahan sampah, lanjutnya, BUMDes Sabilulungan pun tengah membangunan fasilitas olahraga. Fasilitas olahraga ini nantinya bisa dimanfaatkan masyarakat desa.

“Dan disewakan untuk umum untuk menjadi salah satu sumber PADes lainnya,” tambahnya.

Sedangkan Kepala Desa (Kades) Cibodas, Abdullah Hambali, menjelaskan apa yang kini dilalksanakannya bersama BUMdes ini sesuai dengan visi dan misi Desa Cibodas yang agamis, bersih, sehat, dan sejahtera. Sehingga pihaknya memprioritaskan pembangunan sesuai potensi ungulan.

“Tak hanya pembangunan sarana olahraga dan kantor BUMdes yang lengkap dengan mesin pengolahan sampah. Kami pun mengembangkan potensi tanaman hias, pertanian, dan produk lainnya yang ada di Desa Cibodas,” paparnya.

Diakuinya demi mendukung Program 7 Pilar Keagamaan dari Pemkab Cianjur, pihaknya pun sudah membuat Perdes Magrib mengaji.

“Diharapkan Desa Cibodas bisa maju, agamis, dan sejahtera,” tukasnya.

Upaya yang dilakukan Pemdes Cibodas ini mendapat apresiasi dari Wakil Ketua Komisi 2 DPR – RI Riza Patria yang langsung menyambanginya.pada Hari Kamis 25 Januari kemarin.

“Saya sangat menyambut baik apa yang sudah dilakukan Pemdes Cibodas Kecamatan Pacet, ini sesuai dengan amanah UU Desa,” ujarnya.

Dirinya mengakui Desa Cibodas ini merupakan salah satu desa yang mengelola dana desa dan Bumdes dengan baik. Nampak unsur desa sudah mengelola desa potensi desa dengan baik.

“Dana Desa yang digulirkan pemerintah yang nilainya sekitar Rp 800 juta hingga Rp 1 Miliar ini digunakan untuk pembangunan infrasttuktur, pelayanan sosial dan kesehatan, hingga pemberdayaan masyarakat. Dan saya lihat Desa Cibodas ini sudah baik dalam pengelolaanya,” pungkasnya. (w10/mrf/Rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco