Dua Calon PMI Ilegal Asal Cianjur Dipulangkan

oleh
Foto: M Reza Fauzie/Waktunews.com
DIPULANGKAN: Dua calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) non-prosedural asal Cianjur dipulangkan oleh Kemenaker.

CIANJUR – Direktorat Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri (Dit PPLTKN) Kementrian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memulangkan dua calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau dikenal TKI non-prosedural asal Kabupaten Cianjur, Jumat (26/1/2018). Kedua Calon PMI itu bernama Aah Rohanah (38) asal Kecamatan Ciranjang dan Eka Lestari (45) asal Kecamatan Campaka Mulya.

Kedua calon PMI tersebut diantarkan langsung ke Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur untuk diserahterimakan. Nantinya, keduanya akan dipulangkan ke daerahnya masing-masing.

Sebelumnya, pada 18 Januari 2018, Dit PPLTKN Kemenaker telah menemukan sebanyak 79 calon PMI yang akan diberangkatkan ke negara di Timur Tengah di BLKN Restu Putri Indonesia. Mereka tidak memiliki dokumen atau tidak sesuai prosedur.

Pengantar Kerja Ahli Pertama Dit PPLTKN Kemenaker, Yurnalis Chan, menuturkan sejak 2011 lalu pemerintah sudah memoratorium pemberangkatan PMI untuk sektor informal ke Timur Tengah. Lalu pihaknya menerima laporan dari masyarakat terkait adanya puluhan calon PMI yang akan diberangkatkan ke Timur Tengah.

“Pada tanggal 18 Januari kita melakukan sidak di BLKN Restu Putri di Pondok Kopi. Itupun berdasrakan hasil temuan masyarakat dengan indikiasi penempatan non-prosedural. Setelah kita inspeksi ternyata benar kita temukab 79 orang calon PMI yang akan diberangkatkan ke Timteng khususnya Saudi,” paparnya kepada Waktunews.com di Kantor Disnakertrans, Jumat (26/1/2018).

Dia menambahkan, pihaknya lalu menindak lanjuti temuan tersebut dan menempatkan puluhan calon PMI di Penampungan Trauma Center Kementrian Sosial selama sepekan. Mereka lalu didata kemudian dipulangkan ke daerah masing-masing.

“Dari 79 ini dua di antaranya orang Cianjur. Ini melanggar hukum karena tidak melalui proses ke dinas. Gak sesuai prosedur jadi ibaratnya ilegal,” tambahnya. (rus/mrf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco